POPULAR STORIES

Intip Perakitan Mobil BMW Di PT Gaya Motor

Intip Perakitan Mobil BMW Di PT Gaya Motor Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Dalam peluncuran All New BMW Seri 7 G70 di perakitan PT Gaya Motor, KabarOto berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana sebuah mobil BMW dirakit dari awal, hingga siap dikirim ke konsumen, khususnya ditunjukkan adalah perakitan jalur Seri 7 dan X7.

Perakitan mobil di PT Gaya Motor ini tidak sembarangan, karena diawasi ketat oleh para ahli manufaktur dari Jerman, sehingga kualitas hasil jadi sesuai dengan standar yang diterapkan BMW.

Mobil masih rangka kosong.

Dalam perakitannya, terdiri dari beberapa pos di mana pertama adalah rangka mobil dibuat nomor rangkanya, ada alat khusus yang memastikan jika mobil tidak akan memiliki nomor rangka sama.

Baca Juga : BMW Seri 7 Baru Dirilis, Ternyata Rakitan Lokal Sob!

Lalu setelah itu masuk ke tahap pemasangan wiring harness, kabel-kabel dan soket harus terpasang dengan rapi, serta dipasang juga beberapa panel seperti dasbor, plafon, konsol tengah sekaligus yang menjadi tuas iDrive, dan lainnya, hingga lampu stoplamp.

Wiring harness, dan panel interior mulai dipasang.

Setelah itu masuk ke proses pemasangan kaca, serta pintu. Serta mulai dipasangnya kaki-kaki mobil yang sudah jadi satu kesatuan, termasuk rem, dan suspensi. Selanjutnya, mobil akan dipasangkan dengan mesin dan transmisi.

Setelah kaki-kaki, lanjut ke naik mesin.

Selanjutnya, bagian pelengkap lain turut dipasang mulai dari bagian jok, pelek, bumper depan, hingga headlamp. Setelah semua terpasang rapi, tinggal sentuhan terakhir yakni pemberian emblem mobil. Pemasangan pun tidak boleh asal, ada ukuran khusus supaya emblem simetris satu sama lain.

Baca Juga : BMW 3.0 CSL Pertama Sudah Dikirim Ke Pemilik

Finishing pemasangan emblem dilakukan secara teliti.

Dalam sehari PT Gaya Motor sanggup untuk membuat sekitar 7 unit BMW Seri 7. Sementara untuk model yang di bawahnya seperti BMW X1, itu bisa lebih banyak sekitar 17 unit karena part yang dipasang di Seri 7 itu jauh lebih banyak, maka butuh waktu lebih lama.