Deretan Pameran Otomotif Yang Digelar Tahun 2021

Deretan Pameran Otomotif yang Digelar Tahun 2021 Pameran GIIAS 2021 (Foto: Sigit/Kabaroto.com)

KabarOto.com – Tahun 2021 bisa dibilang merupakan awal kebangkitan industri otomotif. Selain Agen Pemegang Merek (APM) yang mulai rajin meluncurkan produk baru, beberapa pameran otomotif juga mulai digelar secara offline.

Pameran otomotif yang digelar ada yang bersifat nasional maupun internasional. Nah, berikut ada rangkuman pameran otomotif yang digelar di Indonesia pada tahun 2021.

1. IIMS Hybrid 2021

Pameran yang digelar selama 10 hari, mulai 15-25 April 2021 tersebut, tak hanya sukses, event tersebut diklaim mampu membangkitkan industri otomotif Indonesia.

Dyandra Promosindo, selaku penyelenggara mencatat, tranksaksi berdasarkan data yang terlapor per 24 April siang, mencapai Rp1 triliun lebih. Untuk pengunjung, tercatat hingga pada (24/04), total ada 91.050 pengunjung datang ke JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Beberapa APM kendaraan roda empat terkemuka di Indonesia yang hadir di IIMS Hybrid 2021 yakni BMW, DFSK, Honda, MG, Mini, Mitsubishi, Prestige, Renault, Toyota dan Wuling.

Hadir pula kendaraan roda dua sebanyak 9 merek yaitu Astra Honda Motor, Benelli, Italjet, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, Velocifero hingga puluhan brand aftermarket selama sebelas hari gelaran IIMS Hybrid 2021.

Baca Juga : Toyota GR Supra TOM’S Racing Dibanderol Rp1,8 Miliar

2. GIIAS 2021

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berkesempatan membuka pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara, yang berlangsung pada 11-21 November 2021, di ICE BSD, Tangerang.

Merek-merek yang bakal ramaikan GIIAS 2021 antara lain Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari kendaraan komersial, Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

Sepanjang 11 hari penyelenggaraan, GIIAS 2021 mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak 293.252 orang. Gaikindo beranggapan jumlah tersebut bisa lebih banyak, namun pihaknya membatasi kuota penjualan tiket di tiap sesi kunjungan per harinya.

Menariknya, dukungan pemerintah cukup terlihat pada GIIAS 2021. Sebab, pameran ini dikunjungi beberapa pejabat di Indonesia, termasuk Presiden Jokowi.

Baca Juga : Toyota Bakal Banyak Ungkap Mobil Baru Tahun Depan Di Indonesia

3. Indonesia Electric Motor Show 2021

Pemerintah Indonesia terus mengembangkan kendaraan listrik. Meski penjualannya masih jauh di bawah konvensional, namun trend masyarakat yang membeli kendaraan ramah lingkungan ini terus meningkat. Beberapa kendala yang dihadapi saat ini adalah harga baterai, dukungan purna jual, dan ketersediaan infrastruktur masih menjadi kekhawatiran calon pengguna kendaraan listrik.

IEMS 2021 menjadi salah satu bentuk dukungan BRIN bersama pemerintah dan produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya, untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

IEMS 2021 diadakan dengan Konsep Hybrid Exhibition dan Hybrid Seminar. Kegiatan ini juga diisi dengan Talk Show serta beberapa kegiatan lain di antaranya presentasi produk dan Test Drive Kendaraan Listrik.

Puluhan merek kedaraan listrik yang tampil di event ini Mitsubishi, Hyundai, Wuling, Toyota, Gesits, Astra Honda Motor, dan Gerobak Listrik. beberapa mobil listrik karya mahasiwa juga ditampilkan.

Baca Juga : Edisi Spesial Bentley Bentayga Hanya 11 Unit Saja!

4. Indonesia Modified x IIMS Motobike Show

Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show resmi digelar pada hari ini, Sabtu (27/11). Pameran kolaborasi ini berlangsung pada 27-28 November 2021 di Mall Senayan Park, Jakarta Pusat.

Pada pembukaan acara ini, Hendra Noor Saleh selaku Presiden Direktur Dyandra Promosindo dan Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua MPR RI memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show.

Untuk masuk ke area pameran, pengunjung harus membayar Rp 20.000 per hari untuk area Pulau Satu. Ada juga area eksklusif di dalam Dome.

Area dome adalah sebuah lokasi baru nan eksklusif, menyajikan supercars langka yang jarang tampil di hadapan publik, seperti Mclaren Senna, Lamborghini Aventador, Mclaren 720S, Mclaren 765LT, Honda S2000, Porsche Cayman dan BMW M2. Untuk area eksklusif ini, tersedia tiket terusan dengan harga Rp100.000 per hari, untuk pengunjung menikmati area Dome dan Pulau Satu.

5. GIIAS Surabaya 2021

Setelah sukses menggelar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung dari 11-21 November lalu. Seri pameran otomotif berlanjut ke Surabaya.

GIIAS The Series di Surabaya menjadi pameran otomotif penutup tahun 2021 yang digelar oleh Gaikindo. GIIAS Surabaya digelar pada 8 hingga 12 Desember 2021.

Adapun GIIAS Surabaya diikuti Agen Pemegang Merek (APM) yang memasarkan produknya di Indonesia, yakni Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Sebagai informasi, GIIAS Surabaya 2021 juga menghadirkan industri pendukung otomotif seperti Benelli serta Llumar dan CPF1 membawa berbagai produk kendaraan dan teknologinya untuk masyarakat Surabaya.