POPULAR STORIES

Detail Ilustrasi Volvo XC40 EV, SUV Listrik Pertama Diklaim Paling Aman Di Dunia

Detail Ilustrasi Volvo XC40 EV, SUV Listrik Pertama Diklaim Paling Aman di Dunia

KabarOto.com – Di bulan februari 2018, Volvo sebagai produsen mobil asal Swedia mengumumkan bahwa generasi mesin berbahan bakar bensin akan menjadi produksi yang terakhir sebagai suatu langkah untuk mengalihkan fokus ke produksi kendaraan bermesin listrik.

Hingga akhirnya, Volvo mengeluarkan XC40 EV sebagai kendaraan listrik pertamanya berjenis Compact SUV yang telah memulai debutnya pada 16 Oktober 2019 kemarin, sebelum diluncurkan, Volvo memberikan detail ilustrasi XC40 EV yang akan diluncurkan. Selain sebagai mobil listrik pertama mereka, Volvo XC40 dianggap sebagai SUV yang diklaim paling aman di dunia menggunakan struktur bodi yang diperbarui untuk menjamin keamanan penumpang dan baterai yang terpasang.

Volvo XC40 sendiri merupakan satu-satunya model dengan menerapkan rangka bodi Compact Modular Architecture (CMA) yang dikembangkan sejak tahun 2013 dan baru diaplikasikan pada XC40 di tahun 2017, rangka CMA sendiri merupakan teknologi rangka bodi terbaru yang dikembangkan antara pihak Volvo dan Geely di bawah China Euro Vehicle Technology (CEVT).

Baca juga: Volvo XC40 Tampil Menggoda Dikemudikan Lara Croft Di Film Tomb Raider

Selain mengusung mesin baru, Volvo juga memasukkan teknologi terbaru untuk memastikan pengendalian yang lebih canggih dan lebih mudah. Volvo menerapkan platform Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) generasi terbaru sebagai sistem keselamatan aktif yang dikembangkan mencakup radar, kamera, dan sensor ultrasonic.

Harapannya platform ADAS sebagai sistem keselamatan aktif ini digunakan sebagai dasar untuk teknologi mengemudi otonom di masa depan, teknologi ini akan bergantung pada software yang dibuat oleh Zenuty sebagai perusahaan patungan yang dimiliki oleh Volvo Cars dan Veoneer.

Baca juga: Luar Biasa! Volvo XC40 Berhasil Jadi Mobil Terbaik Di Jepang

Selain sistem ADAS, Volvo juga mengembangkan struktur keamanan baru pada paket baterai yang terpasang di XC40, paket baterai akan ditempatkan di dalam sangkar pengaman menggunakan frame alumunium dan diletakkan tepat di tengah struktur bodi kendaraan supaya membentuk zona remuk di sekitar baterai.

Zona remuk inilah yang akan membuat baterai tidak akan terkena dampak tabrakan sehingga membuat baterai aman dari kerusakan. Selain itu, manfaat penempatan baterai di lantai mobil dapat menurunkan pusat gravitasi mobil, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya gejala mobil terguling.

Baca juga: Volvo XC40 Mobil Terbaik Eropa 2018

Selain menerapkan struktur bodi baru untuk keamanan paket baterainya, Volvo juga menerapkan struktur bodi yang diperbarui untuk keselamatan pengemudi dan penumpang di dalam kabin. Menggunakan struktur bodi yang tidak hanya diperkuat di bagian depan, tetapi juga diperkuat di bagian belakang.

Di sini, powertrain listrik telah terintegrasi dalam struktur bodi untuk mewujudkan distribusi dampak gaya tabrakan yang lebih baik di dalam kabin, sehingga menurunkan resiko terkena dampak tabrakan yang keras dan mengurangi cedera serius saat terjadi tabrakan. (Nora Dian Pratama)