POPULAR STORIES

DFSK Gelora E Jadi Angkutan Umum JakLingko, Seperti Ini Tampilannya

DFSK Gelora E jadi Angkutan Umum JakLingko, Seperti Ini Tampilannya DFSK Gelora E jadi angkutan umum (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mobil listrik, saat ini tidak hanya digunakan sebagai kendaraan penumpang, tapi juga sebagai angkutan umum. Salah satunya adalah DFSK DFSK Gelora E, difungsikan oleh PT Transjakarta sebagai angkutan pubik bernama JakLingko.

Angkutan ini akan diuji coba di daerah DKI Jakarta dan dibuat untuk kenyamanan penumpang, fungsional, dan pastinya ramah lingkungan, karena tidak ada emisi gas buang yang dihasilkan.

Baca juga: Angkutan Umum DFSK Gelora E Curi Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi mengatakan, DFSK Gelora E menjadi armada yang tepat untuk digunakan oleh TransJakarta, karena sesuai dengan semangat menghadirkan transportasi yang berkelanjutan.

Pintu geser memudahkan penumpang keluar masuk (Foto: KabarOto)

“Ukuranyya sesuai, performa kuat, mampu menampung banyak penumpang, dan memiliki jarak tempuh tinggi,” terangnya. Sehingga, menurut dia, DFSK Gelora E ini sangat cocok untuk memenuhi mobilitas masyarakat DKI Jakarta.

Kendaraan ini sudah dipamerkan di GIIAS 2022 pekan lalu. Pengunjung pun tertarik, melihat lebih dekat mobil ini. Nantinya, kendaraan ramah lingkungan ini akan menjalani rute jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin Jakarta. DFSK Gelora E JakLingko diuji coba selama 3 bulan dan siap untuk memberikan mobilitas terbaik bagi masyarakat Jakarta.

Kabin depan disematkan head unit dan monitor CCTV (Foto: KabarOto)

Angkutan ini diberi warna biru dan hijau. Kemudian untuk posisi tempat duduknya juga sudah disesuaikan, dibuat berhadap-hadapan, sehingga menampung banyak penumpang. Kemudian ada sejumlah fitur yang disematkan mulai dari AC, perangkat hiburan, kamera CCTV untuk pengamanan, sampai GPS.

Baca Juga: DFSK Gelora Campervan Harga Rp440 Jutaan

Hiburan untuk penumpang di belakang (Foto: KabarOto)

Dari segi ukuran, DFSK Gelora E memiliki panjang 4.500mm, lebar 1.680mm dan tinggi 2.000mm, sehingga kabinnya cukup luas dan lapang. KabarOto mencoba menjadi penumpang di belakang, dengkul kaki tidak bersentuhan dengan penumpang di depannya. Pintu slidingnya, bisa dibuka tutup saat penumpang naik dan turun.

Kabin depan cukup luas, untuk menampung satu orang penumpang. Terdapat head unit dengan layar berteknologi touch screen sebagai hiburan. DFSK sudah mengubah interior ini untuk membuat nyaman pengemudi dan juga penumpangnya. Pendingin ruangan (AC) juga dihadirkan untuk memberikan kesejukan penumpang belakang.

Di belakang cukup lega, terdapat safety belt untuk penumpang (Foto: KabarOto)

DFSK Gelora E ini menggunakan teknologi baterai Lithium-ion berapasitas 42 kWH, sanggup untuk melaju hingga 300 km. Jarak sudah diuji menggunakan metode pengujian New European Driving Cycle/NEDC. Untuk pengisiannya tidak memerlukan waktu lama, adanya fast charging mrmbuat pengisian daya 20% hingga 80% hanya 80 menit.