POPULAR STORIES

Bayar Ongkos Bus Di Tiongkok Bisa Pakai Smartphone

Bayar Ongkos Bus di Tiongkok Bisa Pakai Smartphone Bus Otonom di Cina (Foto: News.CN)

KabarOto.com- Bagi Anda yang sedang pelesiran di Tiongkok, sebaiknya mencoba bus tanpa sopir yang diresmikan pemerintah setempat, Sabtu (16/12/2017).

Bus bertenaga listrik itu mampu melaju dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Kapasitas tempat duduk bisa mengangkut 19 penumpang.

Baca Juga:

Bus otonom ini dilengkapi teknologi canggih berupa sensor yang mampu menghindari pejalan kaki, kemudian mempercepat, memperlambat dan membuat pemberhentian darurat.

Selain itu, bus ini mampu menavigasi lampu lalu lintas dan mengganti jalur secara otomatis di sepanjang rute yang ditentukan.

Teknologi canggih lainnya adalah penumpang dapat membayar ongkos perjalanan hanya menggunakan smartphone.

Demi keamanan penumpang dan kejadian yang tidak diinginkan, produsen bus juga menyiapkan petugas di bagian sopir kemudi.

Begitu diresmikan, banyak masyarakat setempat yang antre ingin menjajal bus tanpa sopir itu dan tidak sedikit yang memberikan respon positif atas kenyamanan yang didapat selama perjalanan, meski ada beberapa keluhan.

"Di persimpangan 'T', sebuah mobil pribadi tiba-tiba berbalik ke arah kami dan bus melambat, namun remnya sedikit terlalu kencang," kata seorang penumpang, seperti dilaporkan China Daily.

Adalah perusahaan Shenzhen Haylion Technologies yang memproduksi bus otonom dengan biaya sekitar 500 ribu Yuan (Rp 1.03 miliar) per kendaraan.

Kompetisi pasar bus tanpa sopir di Cina memang berjalan sengit. Sebelumnya di tahun 2015, perusahaan raksasa bus asal Cina, Yutong, mengundang para wartawan asing untuk mencoba bus otonom milik mereka yang masih dalam tahap uji coba di jalan raya Zhengzhou.