POPULAR STORIES

Digelar Serentak 6 Kota, Begini Keseruan Batik Nation Ride 2022

Digelar Serentak 6 Kota, Begini Keseruan Batik Nation Ride 2022 BNR

KabarOto.com - Hari Batik Nasional yang diperingati hari Minggu (02/10), tak hanya bisa dinikmati oleh kalangan umum saja, pecinta otomotif pun punya caranya sendiri untuk merayakannya lewat acara bertajuk 'Batik Nation Ride (BNR) 2022'.

Menariknya, Batik Nation Ride sengaja digelar di 6 kota besar serentak pada akhir pekan lalu, yakni Jakarta, Bandung, Solo, Purwokerto, Majalengka dan Palembang.

Batik Nation Ride Jakarta mengambil titik start di Black Stone Garage, Jakarta Selatan. Menyelaraskan tema, para peseta riding mengenakan batik dengan besutan klasik kesayangannya masing-masing.

Panitia mengatakan, meski didominasi oleh Vespa klasik, ada juga bikers yang membesut motor custom dan bebek lawas. Sekitar pukul 3 sore, riding dimulai mengambil rute Patiunus, Senayan, Menpora, Gatot Subroto, Sudirman, putar balik di Bunderan HI, dan finis di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Cat Orisinal Pabrik Skuter Vespa

"Acara utama Batik Nation Ride bertempat di Sky Dining Plaza Semanggi. View yang disuguhkan sangatlah indah, banyak bikers yang mengabadikan momen di rooftop Plaza Semanggi," ujar Wayan Widhiana Pratama dari Vespakita.co selaku salah satu Inisiator.

Para peserta juga disuguhkan hiburan musik, games, live painting batik di Vespa dan CSR berupa amal. Batik Nation Ride kota Jakarta menurutnya diikuti sekitar lebih dari 800 motor dari berbagai komunitas.

"Kegiatannya ada hiburan musik, pameran batik dari koleksi batik Pekalongan aan_sekawan, live painting Vespa oleh galmons_, dan charity bekerja sama dengan RS Jantung Harapan Kita. Batik Nation Ride tahun ini mengangkat tema Bervespa, Berbagi, dan Berbudaya," ujar pria yang akrab dipanggil Bli Wayan.

Baca Juga: Indonesia Kembali Helat Vespa World Days Di Tahun 2031?

Mereka melakukan donasi yang akan disalurkan untuk seorang anak yang memiliki kelainan jantung sejak lahir, dan sangat memerlukan bantuan sebelum nantinya dilakukan tindakan operasi di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Selain itu ada juga pembagian makanan gratis dari Batik Nation Ride yang menggandeng food truck dan komunitas 60s Jabodetabek.

"Terima kasih banyak untuk seluruh teman teman komunitas yang sudah mendukung dan mensupport acara ini baik yang dijakarta maupun diluar jakarta. Mereka semua sangat luar biasa dan sukses di setiap kota," tandasnya.

Harapannya, kegiatan BNR di tahun mendatang dapat dilaksanakan di lebih banyak lagi kota-kota di Indonesia agar batik dapat menjadi kebanggaan dan identitas bangsa Indonesia.