POPULAR STORIES

Ketat, Kendaraan Masuk Kabupaten Jepara Wajib Disemprot Disinfektan

Ketat, Kendaraan Masuk Kabupaten Jepara Wajib Disemprot Disinfektan Polda Jateng

KabarOto.com - Selain Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah juga menerapkan kebijakan larangan mudik. Dibantu oleh polri dan jajaran, seluruh wilayah perbatasan di berbagai kota dan provinsi kini melaksanakan Operasi Ketupat 2020 untuk menghalau pemudik masuk maupun keluar wilayahnya.

Polres Jepara turut mendukung larangan mudik dengan melaksanakan Operasi Ketupat Candi dan penyekatan pemudik. Selain menyekat para pengendara yang hendak mudik, Polres Jepara juga mendirikan posko check point untuk mengantisipasi kendaraan yang terindikasi melangsungkan mudik.

Baca Juga: Multiguna, AMMdes Bisa Digunakan Sebagai Penyemprot Disinfektan

"Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," ujar Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, SH., SIK., MH.

Ilustrasi pengecekan kendaraan

Kapolres juga menjelaskan dalam kegiatan tersebut petugas gabungan juga membagikan masker kepada para pengendara. Bagi kendaraan yang masuk wilayah Kabupaten Jepara akan diperiksa satu persatu dan disemprotkan disinfektan, baik kendaraan maupun kendaraan.

Check point di Jepara sudah dimulai sejak 24 April yang dijaga selama 24 jam. Demi menjaga keamanan dan keselamatan petugas, di setiap pos juga disediakan Alat Pelindung Diri (APD) sebagai antisipasi penularan Covid-19.

Baca Juga: Semprot Disinfektan, Komunitas Toyota Calya Indonesia Gandeng Damkar Lawan Covid-19

Ilustrasi cek kesehatan

Bahkan apabila saat dilakukan pengecekan terdapat pemudik dengan suhu badan tak normal wajib rapid test.

"Bila ada pemudik yang terindikasi gejala terjangkit Covid-19 maka akan dibawa ke rumah sakit. Kami fokus tidak hanya keamanan, tapi juga kesehatan masyarakat," tutup AKBP Nugroho Tri Nuryanto.