Dipersenjatai Motor Listrik 671 Dk, Audi RS Q E-Tron Siap Debut Reli Dakar 2022

Dipersenjatai Motor Listrik 671 Dk, Audi RS Q E-Tron Siap Debut Reli Dakar 2022

KabarOto.com – Audi merubah strateginya di ajang motorsport, dan memutuskan untuk meninggalkan Formula E pada akhir musim ini. Pabrikan mobil asal Jerman ini beralih ke ajang Reli Dakar dan balap ketahanan.

Khusus untuk Reli Dakar, ini adalah yang pertama bagi Audi, sekaligus sebagai ajang perkenalan untuk mobil balap elektrifikasi, yakni Audi RS Q e-tron.

Baca juga: Terganjal Peraturan Emisi, Audi A1 Stop Produksi

Audi akan menjadi pabrikan pertama di Reli Dakar yang berlaga dengan kendaraan elektrivikasi. Untuk berlaga di ajang tersebut, Stephane Peterhansel, Mattias Esktrom, dan Carlos Sainz akan menjadi rekan satu tim untuk memacu RS Q e-tron di awal tahun 2022 nanti.

Pacuan reli terganas di dunia ini, akan menjadi pembuktian kemampuan motor listrik milik Audi. Di mana, Audi RS Q e-tron akan melahap jarak 800 km di setiap etape.

Audi RS Q e-tron memiliki desain buggy yang futuristis, sepintas mirip dengan basis mobil balap Extreme E. Garis body dari arah depan berbentuk seperti UFO, dihiasi oleh intake udara besar di bagian atap.

Baca juga: Membedah Audi RS 3 Sportback Dan Audi RS 3 Sedan

Bagian depan dibuat lebih terbuka karena Audi mengklaim saat dipacu di medan Reli Dakar, mobil akan sering melompat dan bagian depan lebih banyak menukik menghantam tanah saat mendarat. Sementara itu, bagian belakang terlihat lebih melandai mengadopsi gaya desain Audi Quattro.

Bagian atap menyatu dengan air scoop dan terpasang sirip besar memanjang hingga buritan dan terhubung dengan LED berfungsi sebagai rem. Kaki-kaki menggunakan pelek 17 inci yang dibalut ban BF Goodrich.

Dari segi performa, Audi akan memadukan motor listrik dan mesin 4 silinder TFSI 2.000 cc yang berperan sebagai generator pengisi daya baterai. Baterai-nya sendiri berkapasitas 50 kWH yang kemudian mengalirkan tenaga ke motor listrik dengan penggerak seluruh roda.

Teknologi powertrain ini juga digunakan juga saat mengikuti ajang Formula E. Namun, Audi melakukan beberapa ubahan untuk menyesuaikan kebutuhan reli.

Baca juga: Audi R8 LMS Generasi Kedua Sudah Dibuat 138 Unit

Secara performa, motor listrik pada Audi RS Q e-tron mampu menghasilkan tenaga hingga 671 dk. Kecepatannya sendiri mencapai 170 kpj, serta mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik.

Audi mengklaim bahwa powertrain listriknya memiliki beberapa kelebihan, salah satunya mampu mengendalikan motor listrik secara presisi dan menjamin pengendaraan yang baik. Selain itu, motor listrik di roda depan dan belakang tidak saling terhubung secara mekanis, agar pembagian torsi bisa divariasikan dan diatur sesuai kebutuhan.

Saat ini, Audi masih menunggu keputusan panitia Reli Dakar terkait apakah seluruh output yang dihasilkan bisa digunakan maksimal saat kompetisi berlangsung.

Berita Terkait

Berita Terkait