Direktur Balap FIA Komentari Insiden Tabrakan Verstappen Dengan Vettel

Direktur Balap FIA Komentari Insiden Tabrakan Verstappen dengan Vettel Max Verstappen (Foto: Mark Thompson/Getty Images AsiaPac)

KabarOto.com- Insiden tabrakan yang melibatkan pembalap Red Bull, Max Verstappen dengan Sebastian Vettel dari tim Ferrari di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (15/4/208) lalu, mendapatkan perhatian dari Direktur balap FIA, Charlie Whitting. Verstappen diingatkan lebih berhati-hati dalam perlombaan jika tidak ingin banyak mendapatkan poin penalti.

Kejadian itu bermula saat Verstappen mencoba menyalip Sebastian Vettel di tikungan ke-14 untuk merebut posisi ketiga. Namun, kedua mobil malah bersinggungan, dan tergelincir. Alhasil, kedua pembalap itu kehilangan kendali, bahkan sempat kehilangan traksi saat mencoba memperbaiki arah mobil di lintasan.

Selain menerima hukuman penalti 10 detik dan berakhir di posisi kelima di klasemen akhir , Verstappen juga mendapatkan penalti sebanyak dua poin ke dalam lisensi balap miliknya.

Musim ini, pembalap asal Belanda itu sudah mengantongi lima poin penalti, sisanya ia dapatkan di musim lalu saat menabrak rekan setimnya Daniel Ricciardo di Tikungan ke-2 pada GP Hongaria(bernilai dua poin) dan (satu poin) kontroversial karena keluar dari jalur trek saat ingin menyalip Kimi Raikkonen pada putaran terakhir di GP Amerika Serikat.

Baca Juga: Verstappen : Senggolan dengan Vettel adalah Kesalahan Saya

Sesuai aturan FIA, pembalap yang telah mengantongi 12 poin penalti bakal mendapatkan hukuman dengan larangan tampil satu race dalam periode satu musim kalender. Itu artinya, Verstappen yang sudah mengantongi lima poin penalti diminta berhati-hati jika tidak ingin absen satu race pun di musim 2018.

"Mungkin ada sedikit kritik (soal hukuman penalti), tetapi itu konsekuensi yang harus dia (Verstappen) terima," ujar Charlie Whitting, dilansir Autosport, Selasa (17/4/2018). "Dia sudah punya (penalti) lima poin sekarang, saya harap dia bisa lebih berhati-hati ke depannya."

Baca Juga: Vettel Sebut Insiden dengan Verstappen Seharusnya Tak Perlu Terjadi

Tak ingin masalahnya terus berlarut, Verstappen langsung mendatangi paddock tim Ferrari dan meminta maaf secara langsung kepada Sebastian Vettel. Vettel pun menerima permintaan maaf Verstappen dengan uluran tangan terbuka dan menyarankan agar pembalap berusia 20 tahun itu untuk meningkatkan pengambilan keputusannya saat di lintasan balap.

Meski terlibat insiden tabrakan di GP China, nyatanya Verstappen mampu finish di posisi kelima dan mendapatkan tambahan 10 poin. Hasil itu membuat pembalap asal Belanda itu kini duduk di peringkat ke-8 klasemen dengan koleksi 18 poin. Sementara posisi puncak, masih dikuasai pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, dengan koleksi 54 poin.