Dirikan Posko Mudik Observasi, Pemudik Di Terminal Purabaya Diperiksa Kesehatannya

Dirikan Posko Mudik Observasi, Pemudik di Terminal Purabaya Diperiksa Kesehatannya

KabarOto.com - Diberlakukannya Work From Home (WFH) dan belajar dari rumah membuat sejumlah orang memutuskan untuk pulang kampung, mengingat bulan ramadan tinggal menghitung hari. Arus mudik dini bahkan sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu.

Melihat fenomena ini terjadi di tengah mewabahnya virus Corona atau Covid-19, Kapolresta Sidoarjo melakukan pengecekan Posko Mudik Observasi di Terminal Purabaya.

Baca Juga: Skenario Pemerintah Bagi Warga Yang Tetap Mudik

Semua posko yang didirikan sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas di posko serta hand sanitizer dan masker. Nah, Posko Mudik Observasi berfungsi sebagai penanganan pasien ODP atau PDP yang ditemukan di Terminal Purabaya.

"Saat ini sedang darurat Covid-19 di Jawa Timur, khususnya Sidoarjo. Polresta Sidoarjo mendirikan posko mudik lebaran, nantinya berfungsi sebagai penanganan pasien ODP maupun PDP yang ditemukan di Terminal Purabaya," jelas Kombes Sumardji Kapolresta Sidoarjo.

Petugas akan melakukan pemeriksaan untuk setiap penumpang yang baru datang dari luat kota, seperti pemeriksaan suhu badan di depan pintu masuk Terminal. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Terminal Purabaya.

Baca Juga: Kapasitas Kendaraan Dibatasi Bagi Warga Yang Tetap Mudik, Pemotor Dilarang Berboncengan

Sampai saat ini Jawa Timur belum menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga akses keluar masuk hanya diperketat namun orang dari luar masih memungkinkan untuk masuk ke wilayah ini.