POPULAR STORIES

Dishub DKI Jakarta Keluarkan Dana Rp6,3 Miliar Untuk Beli Moge Listrik

Dishub DKI Jakarta Keluarkan Dana Rp6,3 Miliar untuk Beli Moge Listrik Dishub DKI Jakarta Keluarkan Dana Rp6,3 Miliar untuk Beli Moge Listrik (Ilustrasi Foto Energica: Kipli)

KabarOto.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menggelontorkan dana sebesar Rp 6,3 miliar untuk pembelian motor gede (moge) listrik untuk keperluan mengawal orang-orang yang mendapatkan hak istimewa (Very Very Important Person/VVIP) dan gubernur-wakil gubernur baru.

"Motor listrik tersebut akan digunakan prioritasnya untuk pemanduan gubernur terpilih. Kan baru tahun depan, tidak saya gunakan kok," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo (27/03).

Baca Juga: Jajal Moge Harley-Davidson Barunya, JLM Auto Indonesia Gelar Pan America Xperience

Dukung Program Pemerintah

Syafrin menjelaskan, penggunaan motor listrik merujuk pada Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Implementasi Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai.

Pengadaan motor listrik itu juga sesuai Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

186 motor listrik akan digunakan untuk patroli

Baca Juga: Test Ride Moto Guzzi V85TT Travel, Kencan dengan Moge V-Twin Penjelajah

Ia bilang, pihaknya telah membeli 186 unit motor listrik untuk patroli personel Dishub DKI tahun 2023. Pengadaan moge listrik untuk patroli pengawalan (patwal) ini akan menggantikan moge patwal yang telah dipakai sejak 2006.

"Ada beberapa kendaraan motor besar yang biasa digunakan untuk pengawalan usianya sudah cukup tua, 2006 terakhir kita mengadakan. Jadi ini kita akan ganti tapi dengan menggunakan teknologi motor listrik," ujar Syafrin.

Adapun moge listrik yang akan dibeli berjumlah 5 unit. Pemilihan penyedia dijadwalkan dimulai pada Maret 2024 dan berakhir Juni 2024, lalu pemanfaatan barang ditargetkan dimulai pada Desember 2024.