Dishub Surabaya Lakukan Ramp Check, Menunjang Keselamatan Selama Mudik

Dishub Surabaya Lakukan Ramp Check, Menunjang Keselamatan Selama Mudik Suroboyo Bus (ist)

KabarOto.com - Jelang mudik Lebaran yang beberapa pekan lagi akan datang, berbagai kendaraan serta lalu lintas dipersiapkan secara maksimal oleh Pemerintah. Tol Trans Jawa dan beberapa jalan tol lainnya di luar pulau Jawa pun turut beroperasi ketika arus mudik berlangsung, hal ini dilakukan untuk menunjang Hari Raya.

Masih terkait sarana dan prasarana, transportasi umum baik darat, laut maupun udara juga turut dipersiapkan kelaikannya. Tentu hal ini harus dilakukan, karena puluhan ribu orang akan menggunakan fasilitas tersebut. Serta demi berlangsungnya mudik Lebaran yang aman dan nyaman.

Nah, pekan lalu tepatnya pada hari Selasa (07/05), masih dalam rangka jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) kota Surabaya bersama kepolisian dan jajaran terkait melaksanakan Ramp Check. Bagi yang masih asing, ramp check adalah pemeriksaan kelaikan kendaraan.

Baca juga: Jelang Mudik, Dishub Surabaya Lakukan Uji Coba Jalan Merr Gunung Anyar

Rump check sangat penting untuk dilakukan loh, karena tujuan dilakukan rump check tersebut untuk memastikan angkutan umum dalam keadaan layak jalan. Sama halnya dengan memastikan kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk mudik memang laik pakai dan aman.

Dalam kesempatan tersebut, ada sejumlah bus AKAP dan AKDP yang mengikuti rump check. Di mana transportasi ini merupakan salah satu kendaraan yang memadati lalu lintas selain kendaraan pribadi. Keamanannya harus terjaga agar penumpang dapat hadir ditengah-tengah keluarga dengan sehat dan selamat.

Baca Juga: Sediakan 11 Ribu Kursi, Pertamina Kembali Adakan Program Bareng-Bareng Mudik

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion hingga klakson. Nah sebagai tanda, bus yang lolos rump check akan ditempel stiker khusus oleh Dishub.

Selain agar bisa nyaman dan aman ketika mudik. Dishub juga berharap kegiatan ini dapat kembali menurunkan angka kecelakaan dibandingkan tahun sebelumnya. Diharapkan kendaraan yang sudah teruji keamanannya serta kenyamanannya ini, dapat mengantar masyarakat yang mudik sampai di tujuan dengan selamat.