Distribusi Suku Cadang Terhambat, Toyota Hentikan Produksi

Distribusi Suku Cadang Terhambat, Toyota Hentikan Produksi Pabrik Toyota (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 membuat seluruh kegiatan terhenti, begitu juga dengan distribusi suku cadang untuk pabrikan mobil menjadi terhambat. Kondisi ini membuat Toyota Thailand menghentikan sementara produksi mobilnya.

Baca Juga: Toyota All-New Aqua Meluncur Dengan Berbagai Peningkatan

Dikutip dari Reuters, Toyota Motor Thailand di Ban Pho sejak Selasa (20/7), sudah menghentikan produksi untuk sementara. Selain itu pabrik Samrong dan Gateway juga terdampak, membuat keduanya harus berhenti produksi sejak Rabu (21/7).

Disebutkan reuters, dikutip dari pernyataan resmi Toyota Motor Thailand, Kamis (22/7), operasi produksi pekan depan bakal ditentukan pada tahap selanjutnya. Tiga pabrik Toyota yang ditutup sementara itu, memproduksi lebih dari 760 ribu kendaraan setiap tahun.

Toyota Hilux diproduksi di Thailand

Beberapa varian yang diproduksi di antaranya Toyota Corolla, Hilux. Keduanya banyak dikirim ke berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia salah satunya.
Tak hanya di Thailand, pabrik Toyota Auto Body Co. di Aichi, di Jepang harus menunda juga produksinya karena krisis suku cadang. Penghentian produksi untuk sementara ini pada 29 sampai 30 Juli 2021 dan 2 sampai 4 Agustus mendatang.

Mobil-mobil yang akan ditunda produksinya di pabrik Jepang ini adalah Toyota Alphard, Vellfire, Noah, Voxy dan Esquire. Di Indonesia sendiri beberapa pabrikan mobil sudah mulai terdampak. Pengurangan produksi dilakukan untuk mengikuti aturan pemerintah terkait PPKM Darurat.

Baca Juga: Bantu Pasien Covid-19, Toyota Serahkan 300 Tabung Oksigen Ke Rumah Sakit

Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, menuturkan, Daihatsu memprioritaskan penanganan operasional dengan protokol yang lebih ketat.

"Pada dasarnya berdampak pada penurunan kemampuan memproduksi," kata Amel dalam konferensi pers virtual.