Dodge Charger 1970 Ini Dibuat Ulang Menggunakan Bahan Serat Karbon

Dodge Charger 1970 Ini Dibuat Ulang Menggunakan Bahan Serat Karbon

KabarOto.com - Dodge Charger adalah salah satu mobil klasik ikonik asal Amerika Serikat. Mobil ini juga terlihat dalam beberapa film layar lebar, salah satu yang terkenal adalah film Fast and Furious. Mobil ini menjadi mobil andalan Vin Diesel dalam film tersebut. Bentuk yang klasik, ditambah lagi dengan suara mesin V8 yang gahar. Membuat mobil Dodge Charger berhasil menyita perhatian banyak orang.

Sebuah Dodge Charger tahun 1970 direstorasi dan dimodifikasi oleh tuner terkemuka di Amerika Serikat yaitu SpeedKore. Restorasi dan modifikasi yang dilakukan pun, sangat totalitas dan tidak main-main. Hampir semua bagian didesain dan dibuat ulang dengan bahan serat karbon. Sehingga mobil keluaran tahun 1970 menyerupai mobil baru.

Mobil hasil karya SpeedKore ini memang berupaya mempertahankan bentuk asli Dodge Charger 1970. Namun tetap diberi sentuhan-sentuhan modern. Termasuk penggunaan bahan serat karbon untuk seluruh bodi. Tidak ada lagi aksen krom, khas mobil-mobil tua di bodi Dodge Charger ini.

Baca juga: Kedua Putra Jokowi Jajal Fasilitas Di Kantor Toyota Indonesia

Tampang mobil ini masih seperti aslinya, bentuk grill khas Dodge Charger, yang membentang dari ujung ke ujung. Namun grill ini sudah bukan orisinalnya, melainkan sudah dicustom oleh SpeedKore. Bagian grill ini juga berpadu dengan sepasang lampu model bulat, khas Dodge Charger. Sepasang lampu kabut berbentuk bulat juga terpasang di bagian bumper. Bagian kap mesin juga masih menggunakan bawaannya, namun terbuat dari bahan karbon fiber.

Bagian samping adalah bagian paling menarik dari muscle car ini. Tidak ada lagi aksen-aksen krom khas mobil klasik, yang ada hanyalah karbon fiber. Penggunaan karbon fiber juga membuat bodi Dodge Charger ini terlihat makin sangar. Detail-detail kecil namun penting seperti, lampu sein dan spion pun juga digarap dengan baik oleh Speedkore. Lampu sein belakang dan depan terletak di bagian bawah fender. Sementara untuk bagian spion, desainnya terasa sangat pas berpadu dengan mobil klasik berjiwa modern ini.

Baca juga: Porsche 935 2019 Edisi Ulang Tahun Produksi Terbatas

Bagian kaki-kaki yang ambles juga membuat tampilan mobil ini makin menarik. Untuk bagian kaki-kaki SpeedKore menyematkan beberapa parts aftermarker. Penske 7500 Series double adjustable coil over, adalah sokbreker yang membuat tampilan kaki-kakinya menjadi ambles. Bagian pelek menggunakan pelek HRE multipalang, berukuran 19×10 inci di depan dan 20×12 inci di belakang. Pelek ini dibalut ban Michelin Pilot Sport 2 berprofil tipis. Pelek ini juga berpadu dengan kampas rem dan kaliper rem berukuran besar semakin menambah kesan padat pada kaki-kaki

Bagian belakang juga masih menggunakan desain dari Dodge, dengan bentuk serba mengkotak. Bagian lampu belakangnya juga masih menggunakan model mengkotak, berpadu dengan aksen aluminium di bagian belakang. Pada bagian bawah juga terlihat sepasaang muffler yang berbentuk mengkotak.

Bagian interior ini juga sangat menarik. Speedkore membangun ulang interior mobil ini dengan sangat presisi. Desainnya pun memadukan bentuk klasik dan modern. Setir memadukan desain tipis khas mobil jaman dulu, dengan palang setir mobil modern. Bagian instrument cluster masih menggunakan analog, namun dipadukan dengan dasbor berdesain modern. Bagian konsol tengahnya juga memadukan desain klasik dan modern. Bentuk head unitnya masih terlihat klasik, namun dipadukan dengan aksen aluminium dari konsol tengahnya.

Untuk segi keselamatan, mobil ini juga menyematkan roll dan bucket seat. Bucket seat untuk mobil ini menggunakan produk dari Recaro, dipadukan dengan harrnes dari Speedkore itu sendiri. Untuk bagian rollbar, roll bar ini dibuat tidak main-main. Selain untuk unsur keselamatan, juga ada unsur estetika yang diperhatikan. Oleh karena itu beberapa bagian dari roll bar ini telah dibalut dengan kulit dengan jahitan yang rapi.

Baca juga: Porsche 935 2019 Edisi Ulang Tahun Produksi Terbatas

Tampilan yang sangar dari Dodge Charger ini juga didukung dengan mesin yang sangar. Dilansir dari Topgear, perusahaan ini menyematkan mesin V8 supercharged berkapasitas 6.200 cc dari Dodge Demon Challenger SRT. Untuk mengeluarkan suara raungan mesin V8 mobil ini, telah disematkan sebuah knalpot kustom dari bahan stainless steel anti karat. Tenaga mesin ini dapat mencapai 973 dk, dan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi Tremec '6060' enam percepatan.

Mobil Dodge Charger ini ternyata juga dapat dipesan loh. Dilansir dari Topgear, Speedkore akan memamerkan mobilnya di McCall's Motorworks Revival pada tanggal 14 Agustus di Monterey. Sebagai bagian dari perayaan otomotif selama seminggu di Monterey. Biayanya USD 400.000 jika dikonversikan menjadi sekitar Rp 5,7 miliar, tergantung pada spesifikasi masing-masing pelanggan.

Bagaimana, tertarik membuat Dodge Charger Karbon seperti ini? (Gregorius Nikolaus.P)