Dua Pameran Otomotif Terbesar Di Indonesia Batal Digelar Tahun 2020

Dua Pameran Otomotif Terbesar di Indonesia Batal Digelar Tahun 2020 Pembukaan GIIAS 2019

KabarOto.com – Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) dan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) batal digelar tahun 2020. Lalu, bagaimana nasib kedua pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut?

GIIAS 2020 rencananya akan diselenggarakan pada semester kedua tahun ini, tepatnya pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Awalnya, Gaikindo selaku penyelenggara GIIAS optimis, pandemik Covid-19 akan berakhir pada bulan Juni dan kondisi akan kembali pulih pada Juli 2020. Sehingga pameran otomotif terbesar se Asia Tenggara itu tetap akan berlangsung tahun ini.

Namun, situasi semakin memburuk karena penyebaran virus Covid-19 semakin luas yang mengakibatkan banyaknya orang yang terjangkit virus tersebut.

GIIAS 2019

Baca Juga : Akio Toyoda Tidak Suka Dengan Transisi Kendaraan Listrik

Karena Covid-19 yang mudah menular, dibutuhkan beberapa langkah yang bisa menahan laju virus tersebut. Dengan adanya Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tidak dapat mencegah tersebarnya virus jika masih ada kerumunan manusia, apalagi dengan jumlah besar. Tentu akan membuat penyebaran virus yang makin mudah dan meluas.

Melalui keterangan, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan persiapan yang cukup singkat dinilai tidak mencukupi untuk menggelar GIIAS 2020. Hal ini dilakukan demi menghindari penyebaran Covid-19 yang meluas.

"Pada setiap penyelenggaraan GIIAS, membutuhkan persiapan yang kompleks, detail dengan waktu yang cukup panjang, oleh karena itu, melihat waktu yang semakin pendek, Gaikindo mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020," jelas Nangoi, Selasa (18/08).

Meskipun begitu, Gaikindo berupaya akan kembali merencanakan penyelenggaraan GIIAS The Series tahun 2021. Sebagai penggantinya akan digelar pameran otomotif dengan skala lebih kecil, yaitu Gaikindo Jakarta Auto Week yang dilaksanakan pada 21-29 November 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

Baca Juga : Saat Pandemik Covid-19, Di Daerah Ini Penjualan Mobil Justru Meningkat

IIMS 2019

Sementara itu, Pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2020 punya nasib yang sama dengan GIIAS, karena batal menggelar hajatan otomotif di Indonesia tahun ini.

Awalnya, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara sudah menjadwalkan IIMS 2020 pada 9-19 April 2020 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Akibat pandemik Covid-19, Dyandra Promosindo mengumumkan penundaan Pameran IIMS tahun ini. Menariknya, langkah besar tersebut diputuskan ketika pameran tinggal bergulir tiga pekan kemudian.

Baca Juga : Gunakan Toyota Dyna, Auto2000 Hadirkan Layanan Bengkel Dan Diler Berjalan

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh mengatakan, "Jujur saja, sangat berat memutuskan ini (penundaan) mengingat persiapan sudah 95%. Jumlah peserta juga 115% lebih banyak dari tahun sebelumnya, dari APM, importir dan aftermarket.”

Bersamaan dengan itu, rangkaian IIMS regional di kota Makassar yang dijadwalkan pada 15 – 19 April 2020 di Celebes Convention Center (CCC) juga ditunda penyelenggaraannya dengan pertimbangan serupa. Kabar terakhir menyebutkan, IIMS 2020 akan dilaksanakan pada 18 – 28 Februari 2021.