POPULAR STORIES

Ducati Multistrada V4 Generasi Ke-4 Dikawal Radar Canggih

Ducati Multistrada V4 Generasi ke-4 Dikawal Radar Canggih Sumber Foto : Ducati

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Italia, Ducati baru saja meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Ducati Multistrada V4. Motor model adventure atau penjelajah ini memiliki mesin baru yaitu V4 Granturismo.

Selain mesin, Multistrada V4 generasi keempat ini akan menjadi motor pertama yang menggunakan teknologi radar.

Bicara soal tampilan, motor ini desainnya mirip dengan Multistrada 1260. Lampu utama pendaran LED multireflektor dengan corner lamp lalu dikombinasikan paruh besar. Nah, radar tertutup rapih di depan sini dan belakang motor.

Baca Juga : Triumph Trident 660 Ingin Lawan Yamaha MT-07, Bisakah?

Radar depan tersemat antara lampu dan paruh

Di bagian fairing samping ada sedikit perbedaan yaitu penggunaan kisi-kisi dengan model sirip ikan yang bertujuan memperbaiki aerodinamika.

Belakang motor ini tidak banyak perubahan hanya terdapat radar yang terpasang di sisi bawah lampu belakang saja.

Bagian instrumen kluster TFT full colour berukuran 5 inci dan 6,5 inci (untuk varian S) ini dapat menampilkan berbagai informasi dan navigasi.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan model upside down (USD) berukuran 50 mm sementara untuk belakang monoshock yang dapat diatur ketinggian dan redamnya melalui sistem electronic Skyhook.

Untuk bagian pelek model multipalang ini ukurannya 19 inci untuk depan dan belakang 17 inci, pelek ini dibalut ban Pirelli Scorpion Trail II ukuran 120/70 ZR 19 untuk depan dan belakang ukuran 170/60 ZR 17.

Ducati Multistrada V4 S

Pelek tersebut disanding ke cakram ganda berukuran 320 mm dengan kaliper 4 piston lansiran Brembo. Sementara untuk belakang dikawal cakram ukuran 265 mm berkaliper 2 piston. Tentunya rem ini sudah menggusung ABS Cornering depan dan belakang.

Baca Juga :Kymco Like EV Dan Agility EV Sudah Keliling Tangerang

Lalu, motor ini memiliki fitur keselamatan terbaru yaitu sistem radar lansiran Bosch sama seperti rivalnya BMW R1250RT. Sistem ini merupakan bagian dari sistem keselamatan yang disebut Advanced Rider Assistance System (ARAS) dari Ducati untuk meningkatkan keselamatan pengendara.

Sistem ini memiliki fitur radar depan dan belakang, serta masing-masing memiliki berat 190 gram saja. Radar ini tersambung dengan fitur Adaptive Cruise Control (ACC), yang dapat mengatur pengereman serta akselerasi secara otomatis agar menyesuaikan jarak dengan kendaraan di depannya. Cocok ketika dibawa konvoi.

Tidak seperti rivalnya, radar belakang ini dapat mendeteksi blind spot dan peringatan akan muncul di spion.

Ducati Multistrada V4 S Sport

Radar tersedia dalam empat preset, sistem dapat beroperasi pada kecepatan antara 30 hingga 160 kpj. Sistem ACC ini telah dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan sepeda motor, terutama dalam hal akselerasi dan deselerasi.

Multistrada V4 mengusung mesin baru yang disebut V4 Granturismo. Mesin berkonfigurasi V4 90 derajat ini memiliki kapasitas 1.158 cc yang mampu menghasilkan tenaga 170 dk pada 10.500 rpm dan torsi 125 Nm pada 8.750 rpm. Performa tersebut disalurkan ke transmisi 6 percepatan dengan Slipper Clutch.

Tampilan Mesin V4 Granturismo

Baca Juga :Inisiasi Acara, Mocaves Putar Gas Sunmori Internal Sambil Kulineran

Mesin baru ini diklaim menggunakan material kelas satu yang menjamin ketahanan dan keandalan, pihak pabrikan klaim interval servis klep mencapai 60.000 km dan untuk pergantian oli setiap 15.000 km.

Dalam keadaan standar motor ini dilengkapi fitur riding mode, ABS Cornering, Ducati Traction Control dan Ducati Wheelie Control.

Ducati Multstrada nantinya akan hadir dalam 3 varian yaitu, Multistrada V4, V4 S dan V4 S Sport.

Sayangnya, perihal harga pihak Ducati belum menyinggung nih Sob! jadi kita tunggu saja!