POPULAR STORIES

Ducati Panigale V4 SP2, Siap Ditantang Balap

Ducati Panigale V4 SP2, Siap Ditantang Balap Sumber Foto : Ducati

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Italia, Ducati meluncurkan varian tertinggi yang sangat siap melesat di aspal sirkuit bila tiba-tiba ditantang, yaitu Ducati Panigale V4 SP2.

Motor anyar ini diposisikan sebagai varian top-of-the-range dalam keluarga Panigale V4, terlepas dari Panigale V4 R varian ini memiliki homologasi untuk dunia balap.

Baca Juga : Michael Dunlop Akan Kendarai Ducati Panigale V4 R Di IOMTT 2022

Secara tampilan, Panigale V4 SP2 menggunakan livery ‘winter test’ khusus, di mana fairing hitam matte dikombinasikan lapisan karbon matte di pelek dan winglet. Warna hitam tersebut dikombinasikan sedikit aksen merah dan aluminium gloss.

Adapun, bagian winglet terdapat bendera Italia dan bagian bawah fairing hadir logo Ducati Corse di area ekstraktor udara panas. Bagian handlebar sendiri terdapat seri nomor yang menjadikan setiap model unik.

Perihal bagian kaki-kaki, suspensi depan upside-down (USD) bertravel 125 mm dari Ohlins NPX25/30 yang dapat dikontrol secara elektronik. Menggunakan sistem peredam cartridge bertekanan yang berasal dari motor balap mereka.

Untuk belakang, monoshock Ohlins TTX36 yang dapat diatur secara elektronik. Kombinasi suspensi ini terhubung dengan sistem Smart EC 2.0 yang dicirikan oleh OBTI (Objective Based Tuning Interface) mampu bekerja berdasarkan settingan yang dapat diubah sesuai penggunaan rider.

Bagian pelek, motor ini digunakan model lima palang berbahan karbon yang memiliki bobot 4 kg lebih ringan dari Panigale V4 S. Pihak pabrikan klaim pelek ini memiliki pengurangan inersia signifikan sebesar 26% depan dan 46% belakang yang berguna untuk kelincahan serta ringan saat memasuki tikungan. Pelek ini dibalut ban Pireli Diablo Supercorsa SP ukuran 120/70 ZR17 untuk depan dan 200/60 ZR17 untuk belakang.

Baca Juga : Mulai Rp128 Jutaan, Royal Enfield Himalayan Diluncurkan Dengan 3 Warna Dan Fitur Anyar

Pelek ini disandingkan dengan dual-cakram 330 mm semi-floating berkaliper monobloc Brembo Stylema R 4 piston untuk depan, sementara belakang cakram 245 mm dengan kaliper dua piston. Sistem pengereman ini dilengkapi pompa radial Brembo MCS yang memiliki tiga pengaturan. Tidak lupa, rem ini sudah didukung oleh sistem Cornering ABS.

Bicara soal performa, Ducati Panigale V4 SP2 ini dibekali mesin 1.103 cc Desmosedici Stradale yang memiliki keluaran tenaga hingga 215 dk pada 13.000 rpm dengan torsi 122,8 Nm pada 11.000 rpm. Jika kurang puas, pihak pabrikan memberikan opsi sistem pembuangan dari Akrapovic titanium yang menaikan tenaganya menjadi 228 dk alias naik 12,5 dk.

Tenaga mesin itu disambung ke transmisi manual 6 percepatan yang memiliki final drive lebih ringan berkat penggunaan rantai 520 dan kopling kering STM-EVO SBK. Tidak lupa, transmisi ini sudah didukung dengan sistem Ducati Quick Shift (DQS) up/down EVO2.

Baca Juga : Italjet Dragster Limited Edition Resmi Dipasarkan, Harga Rp155 Juta

Nomor seri unik setiap unit Panigale V4 SP2

Tidak lupa, Footpeg Rizoma SP2 yang dapat disesuaikan untuk mendapatkan keseimbangan yang sempurna antara kenyamanan dan ground clearance. Motor ini juga memiliki beberapa mode berkendara, seperti Street, Sport, dan dua mode khusus trek (Race A dan Race B).

Lalu, ada opsi tampilan Track Evo, Kit Ducati Data Analyzer + modul GPS juga hadir sebagai standar, dan pengguna nantinya dapat memuat Slick Ducati Performance Software sebagai tambahan.

Bicara soal harga, motor ini dibanderol sekitar USD39.500 atau setara Rp 565 jutaan. Motor ini akan hadir di pasar Amerika Serikat pada Q4 2022 mendatang. Jadi bagaimana Sob, tertarik memilikinya?