POPULAR STORIES

Ducati Ungkap Purwarupa V21L, Siap Turun Di FIM MotoE 2023

Ducati Ungkap Purwarupa V21L, Siap Turun di FIM MotoE 2023 Ducati V21L (foto: Ducati Corse)

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Italia, Ducati resmi meluncurkan motor listrik pertama untuk ajang MotoE 2023, yaitu Ducati V21L.

Pada 30 Juni lalu, Ducati meluncurkan motor sport listrik pertama mereka dalam acara tertutup di Modena, Italia. Dalam acara tersebut, Ducati mampu menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi pemasok tunggal untuk ajang balap FIM MotoE 2023.

Baca Juga : Ducati Streetfighter V2 2023 Hadir dengan Warna Baru

“Bagi Ducati, memiliki kesempatan untuk menjadi pemasok Kejuaraan Dunia FIM MotoE tidak hanya merupakan usaha yang menarik secara teknologi. Tetapi, juga menjadi cara terbaik untuk menjawab tantangan terbaru. Pengalaman Ducati di MotoE akan menjadi dukungan dasar untuk tim R&D produk untuk mengembangkan produk-produk motor listrik untuk pasar global,” ungkap Vincenzo De Silvio selaku Direktur R&D Ducati.

Secara tampilan, sekilas terlihat motor ini tampil lebih ramping dengan khas desain dari line-up Panigale. Pada bagian fasia depan, terlihat fairing depan sangat tajam yang bertujuan untuk aerodinamika lebih baik.

Motor ini dilabur dengan warna dasar hitam matte/abu-abu gelap yang dikombinasikan livery merah khas Ducati. Lalu, ada beberapa aksen serat karbon yang ditutupi.

Baca Juga : Begini Reaksi Pembalap Ducati Usai Uji Coba Fairing Baru Di Tes MotoGP Catalunya 2022

Pada bagian kaki-kaki, motor ini mengandalkan suspensi depan upside-down (USD) Ohlins NPX 25/30 berukuran 43 mm yang digunakan oleh Panigale Superleggera V4. Sedangkan, suspensi belakang menggunakan monoshock Ohlins TTX36.

Pelek multipalang ukuran 17 inci ini disandingkan dengan cakram ganda floating depan berkuran 338,5 mm berkaliper Brembo empat piston GP4RR M4 32/36 sedangkan belakang berkaliper Brembo P34. Kaliper tersebut dikombinasikan dengan master rem radial Brembo PR19 x 18.

Bicara soal performa, motor ini dibekali motor listrik bertenaga hingga 150 dk dengan torsi 140 Nm. Motor listrik ini didukung oleh paket baterai 21700 yang terdiri dari 1.152 sel tipe silinder yang memiliki kapasitas 18 kWh. Baterai ini dapat mengisi daya hingga penuh dalam waktu 45 menit saja.

Untuk mengelola panas ke baterai dan motor/inverter, pihak Ducati telah membekali dengan dua pendingin cair yang terletak di bagian radiator depan dan radiator kecil yang diletakan pada bagian bawah motor. Bicara soal bobot, motor ini memiliki berat sekitar 225 kg.