POPULAR STORIES

Dukung Dua Tim F1 Musim 2019, Honda Mulai Uji Mobil Balapnya

Dukung Dua Tim F1 Musim 2019, Honda Mulai Uji Mobil Balapnya Foto: HondaracingF1.com

KabarOto.com - Menjelang musim balap FIA Formula 1 (F1) 2019, Honda mulai melakukan pengujian terhadap mobil balapnya. Seluruh tim di Melbourne, Australia memiliki waktu 8 hari untuk melakukan pengujian terhadap mobil balapnya, dimulai pada 18-21 Ferbruri 2019 dan 26 Ferbuari hingga 1 Maret 2019.

Uji coba berlangsung di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Sementara itu, ronde pertama akan berlangsung bersamaan dengan seri pertama balapan F1 yakni GP Australia yang berlangsung di Melbourne pada 17 Maret 2019 mendatang.

Baca Juga: Honda Jadi Sponsor Utama FIA Formula 1 2018 Japanese Grand Prix

Aston Martin Red Bull Racing tengah melakukan uji coba

Untuk pertama kalinya, di tahun ini, Honda akan mendukung dua tim, diantaranya Red Bull Scuderia Toro Rosso dan Aston Martin Red Bull Racing. Honda telah merancang dan membangun mesin untuk mendukung kedua tim tersebut.

Katsuhide Moriyama, Chief Officer for Brand and Communication Operations Honda Motor Co., Ltd mengatakan, Persiapan Honda sudah mencapai tahap final untuk menghadapi ajang balap F1 yang sebentar lagi akan dimulai. Tahun ini menurut Katsuhide, menjadi momen penting bagi Honda seiring dengan dimulainya musim kelima dibawah regulasi PU.

"Tahun ini, kami memulai kerja sama dengan Red Bull Scuderia Toro Rosso dan telah mencapai kemajuan yang memuaskan. Namun, hasil di tahun lalu memperlihatkan bahwa kami masih tertinggal dari para pabrikan top PU dalam aspek performa dan reliabilitas." terangnya.

Baca Juga: Semangat Dan Tim Baru, McLaren Siap Hadapi Musim 2019

Scuderia Toro Rosso baru pada musim ini menggunakan mesin Honda

Tahun ini juga, menurutnya, Honda memulai kerja sama dengan Aston Martin Red Bull Racing sebagai salah satu tim terbaik yang telah memenangkan banyak kejuaraan. Menurutnya sangat wajar jika merasa tertekan di kompetisi ini.

"Namun kami menjadikan hal itu sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik dan mencapai hasil yang memuaskan bersama tim Red Bull. Prioritas kami saat ini adalah mengejar ketertinggalan kami dengan pembalap lainnya, dan semoga kedua tim yang kami dukung dapat memberikan hasil yang lebih baik dari tahun lalu," tambahnya.

Honda juga menurutnya akan mengumpulkan sebanyak mungkin data yang dibutuhkan dalam pengujian ini, sekaligus bersiap-siap menghadapi seri pertama di Australia pada pertengahan Maret.

Baca Juga: Mobil Baru Toro Rosso F1 Tidak Alami Banyak Ubahan

Tim dan insinyur Honda bekerja sama melakukan setting

Franz Tost selaku Team Principal dari Red Bull Scuderia Toro Rosso mengatakan, keputusan timnya memilih Honda pada tahun lalu merupakan keputusan yang baik, dia berharap kerja sama ini dapat terjalin dalam waktu yang lama. "Kami berlomba dengan waktu, dan hanya dalam satu tahun Honda mampu membuat kemajuan yang membuktikan komitmen mereka terhadap kerja sama ini," terangnya.

Christian Horner sebagai Team Principal dari Aston Martin Red Bull Racing mengatakan, bersama Honda, dia memiliki rekan dengan semangat yang sama dalam menghadapi berbagai tantangan di F1. "Para desainer dan insinyur kami telah bekerja sama dengan Honda untuk memadukan sasis dan mesin, kedua belah pihak telah melakukan usaha terbaiknya di sepanjang musim dingin," papar Chris.