POPULAR STORIES

Mobil Baru Toro Rosso F1 Tidak Alami Banyak Ubahan

Mobil Baru Toro Rosso F1 Tidak Alami Banyak Ubahan

Kabaroto.com – Satu per satu tim sudah mulai memperkenalkan mobil-mobil baru mereka di ajang balap mobil paling bergengsi Formula 1. Kali ini ada dari Toro Rosso, tim balap asal Italia.

Kepala tim Toro Rosso Franz Tost, mengkonfirmasi bahwa banyak komponen pada STR14 yang mirip dengan mobil tim Aston-Martin Red Bull Racing "Komponen akan mengikuti spesifikasi yang sama dengan Aston Martin Red Bull Racing," kata Tost.

Baca juga: Red Bull Racing Debut RB15 dan Debut Pembalap Muda

“Sementara, bagian besar bagian yang tersisa, kami terima dari Red Bull Technology. Yang juga menjadi spesifikasi tahun lalu. Scuderia Toro Rosso, sebagai tim yang lebih kecil, tidak dapat mengikuti perkembangan cepat dan proses produksi yang dimiliki oleh tim yang lebih besar,” ujarnya.

Sebenarnya, Toro Rosso tidak banyak melakukan perubahan besar pada mobilnya, tampak juga pada livery yang digunakannya. Masih sangat mirip dengan warna tahun lalu. Dengan basic berwarna biru, penambahan strip garis merah memanjang, dan juga logo Red Bull berwarna silver yang tegas pada bagian bodi belakang mobil.

Baca juga: Force India Ganti Nama jadi Racing Point, Wajah Barunya Masih dengan Warna Pink

Dari bodinya, kita dapat melihat hanya ada ubahan minor yang terjadi seperti bentuk winglet pada bagian moncong yang menyerupai mobil milik Red Bull Racing, serta winglet samping penumpang yang juga didesain ulang dengan bentuk yang lebih sederhana.

Tost juga mengaskan bahwa tim Toro Rosso akan menunjukkan perkembangannya pada musim ini. “Semua hal telah dipertimbangkan, penggunaan Red Bull Technology, kepercayaan pada pengetahuan teknisi kami yang sangat tinggi, perkembangan yang ditunjukkan oleh Honda juga mengesankan selama ini, dan beberapa pembalap muda terbaik yang telah kami miliki membuat saya merasa yakin jika tim ini akan menempatkan diri di posisi tengah yang kuat dalam kejuaraan."

Baca juga:Ini Rival Abadi Fernando Alonso Selama Jalani Karier Di F1

Jantung mekanis yang digunakan pada mobil ini juga masih menggunakan mesin Honda dengan kode RA618H, yang dapat digeber hingga 15.000 RPM dan menghasilkan 740 dk. Mesin ini merupakan mesin tengah dengan transmisi 8 percepatan otomatis, berpenggerak roda belakang. Ada pula tambahan mesin motor listrik rancangan Honda yang dapat menggenjot tenaga tambahan jet darat ini hingga 161 dk.

Spesifikasi dari sasis mobil ini masih sama dengan carbon-fibre composite dengan aluminium honeycomb monocoque, dan suspensi double wishbones, springs, dampers, dan lengkapnya lagi anti-roll bar demi maneuver lebih baik. Nantinya mobil baru ini akan digunakan oleh 2 pebalap Toro Rosso yaitu Alexander Albon dan Daniil Kvyat, untuk melakoni musim 2019. (Deddy Darmanto)

Nama Tim Red Bull Toro Rosso Honda
Markas Faenza, Italy
Team Chief Franz Tost
Technical Chief TBC
Sasis STR14
Mesin Honda RA619H
Masuk F1 1985
Pembalap Alexander Albon dan Daniil Kvyat