POPULAR STORIES

Dukung Kebijakan Pemerintah, Kepolisian Gunakan Kendaraan Listrik

Dukung Kebijakan Pemerintah, Kepolisian Gunakan Kendaraan Listrik Kepolisian menggunakan Hyundai Ioniq EV (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam percepatan elektrifikasi kendaraan bermotor, petugas kepolisian mulai menggunakan mobil dan motor listrik sebagai kendaraan patrolinya.

Kebijakan ini masih dilakukan secara bertahap, seperti yang tercantum dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dalam instruksi tersebut mengharuskan pemerintah pusat, pemerintah daerah, kepolisian dan TNI menggunakan kendaraan dinas listrik.

Baca juga : Intip Spesifikasi Motor Listrik Gesits, Kendaraan Patroli Ditlantas Polda Metro Jaya

Motor listrik Zero DSR

Menurut keterangan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan bahwa kita sudah dapat sekitar 25 unit kendaraan listrik. Untuk mobil ada 10 unit, sedangkan roda dua ada 15 unit.

"Untuk pengadaan ini bukan kewenangan kami. Nanti kami menunggu dari Korlantas untuk menukar yang bensin dengan yang listrik. Kita harapkan demikian, mendukung kebijakan pemerintah masalah go green,” jelas Kombes Pol Latif Usman saat ditemui Kabaroto, kawasan Senayan, Jum'at (6/1).

Seperti yang diketahui, Polda Metro Jaya sudah menggunakan Hyundai Ioniq EV, di mana mobil listrik ini menggunakan baterai lithium-ion polymer berkapasitas 38.3 kWh, dengan jarak tempuh hingga 373 Km (berdasarkan NEDC) dan 311 Km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya.

Baca juga : Chrysler Tampilkan Kokpit Mobil Listrik Masa Depan Di CES 2023

Motor listrik Gesits

Hyundai Ioniq EV diklaim mampu melakukan pengisian daya dari 0 hingga 80 persen dalam waktu 54 menit dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW. Di atas kertas akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam waktu 10,2 detik.

Motor listrik yang akan digunakan adalah Zero DSR. Dibekali motor elektrik Z-Force 75-7R air-cooled, sekali ngecas motor listrik ini bisa menjangkau jarak 262 km hingga 328 km.

Selain itu, ada juga motor listrik Gesits. Motor listrik ini dibekali baterai lithium ion yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 50 km untuk satu baterai. Untuk yang kapasitas dua baterai, jarak tempuhnya menjadi 100 km.

Motor listrik ini memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco dengan kecepatan maksimum 45 km/jam, Urban 60 km/jam, dan Sport 70 km/jam. Terdapat pula tombol untuk mundur, sehingga memudahkan penggunanya saat memarkirkan Gesits. Pengisian baterainya membutuhkan waktu antara 3-4 jam.