POPULAR STORIES

Dukung Mudik Lebaran 2019, Tol Terbanggi Besar - Palembang Akan Dibuka Fungsional

Dukung Mudik Lebaran 2019, Tol Terbanggi Besar - Palembang Akan Dibuka Fungsional Pintu tol Terbanggi Besar (PUPR)

KabarOto.com - Bagi yang akan melakukan mudik ke pulau Sumatera, ada kabar menggembirakan yang datang dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Ia mengatakan, bahwa Jalan Tol Terbanggi Besar hingga ke Palembang akan dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2019, sehingga dapat menjadi alternatif pemudik.

Baca juga: Jelang Mudik, Pertamina Sediakan 112 Titik SPBU Di Tol Trans Jawa

Jalan tol itu sekaligus mendukung fungsi jalan nasional dan menyambung ruas tol yang telah beroperasi sebelumnya, dari Bakauheni ke Terbanggi Besar sepanjang 141 km.

Dengan fungsionalnya ruas tersebut, Menteri Basuki menyatakan pemudik dapat memanfaatkan jalan tol dari Bakauheni hingga Palembang, dengan ruas yang sudah operasional yakni Bakauheni-Terbanggi Besar (140,9 km) dan sebagian lainnya masih fungsional.

Pengerjaan tahap akhir di beberapa titik

"Saat peresmian Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar pada Maret 2019 lalu, ruas ini hinggga ke Palembang, kendalanya hanya satu yaitu belum selesainya Jembatan Kali Sodong. Saat ini sudah selesai, untuk itu akan difungsionalkan dari Terbanggi Besar ke Palembang dengan kondisi seluruhnya perkerasan beton/rigid pavement. Hanya tinggal rambu, lampu jalan dan Tempat Istirahat Sementara (TIS) yang perlu ditambahkan," kata Menteri Basuki.

Lebih lanjut ia mengungkap, saat difungsionalkan untuk mudik Lebaran 2019, Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang akan dibuka dua jalur baik dari arah Bakauheni maupun sebaliknya.

Menteri Basuki (topi biru) saat melakukan peninjauan

"Tetapi untuk ruas Pematang Panggang-Kayu Agung baru bisa dibuka untuk satu jalur. Untuk yang ke arah sebaliknya belum bisa masih satu jalur dua lane saja. Kemudian langsung ke Jakabaring. Semua sudah bisa tersambung. Untuk pengaturan lalu lintasnya kami serahkan kepada Korlantas Polri," ujar Basuki dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, pembukaan Jalan Tol Fungsional akan dimulai bersamaan dengan jadwal operasi ketupat pada 29 Mei-9 Juni 2019.

Baca juga: Catat! Tarif Tol Arah Bandara Soetta Bakal Berubah Per 12 Mei 2019 Mendatang

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Direktorat Lalu Lintas, khusus untuk ruas fungsional tersebut akan dimanfaatkan pada siang hari saja dari pukul 06.00-18.00 WIB, mengingat rambu dan lampu penerangan yang belum lengkap. Namun kita tetap akan melihat bagaimana perkembangan animo masyarakat di lapangan," kata Refdi.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik yang melewati jalan tol tersebut, pemerintah akan memastikan kecukupan layanan penyediaan bahan bakar, toilet, dan persediaan makanan di setiap TIS yang berada di KM 33, 87, 116, 163, 172, 208, 215, 234, dan 285.