Dukung Program Kendaraan Listrik, Banyuwangi Hadirkan 3 SPKLU

Dukung Program Kendaraan Listrik, Banyuwangi Hadirkan 3 SPKLU Hyundai Ioniq digunakan oleh Pemda Banyuwangi

KabarOto.com - Pemerintah baik pusat dan daerah mulai mengembangkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum (SPKLU). Untuk mendukung program mobil listrik yang dijalankan oleh pemerintah. Salah satu daerah yang mengembangkan adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat ini sudah tersedia 3 SPLU, yang bisa dimanfaatkan oleh mobil listrik.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, mengatakan, saat ini sudah ada 3 SPLU di Hotel Kokoon Banyuwangi, Hotel Santika Banyuwangi, dan PLN. Pengadaan SPLU ini mengikuti perkembangan mobil listrik yang semakin meningkat. SPLU ini akan menjadi kebutuhan untuk mewujudkan sistem transportasi ramah lingkungan.

Baca Juga: Selain Mobil Listrik, Pabrik Hyundai Di Indonesia Bakal Produksi SUV 5 Penumpang

"Banyuwangi jalur strategis. Ke depan dengan tol tersambung dari Jakarta menuju Banyuwangi, mobilitas orang ke Banyuwangi akan semakin tinggi," terangnya.

Pengguna tol menurut dia akan banyak mobil listrik, akan semakin besar dari sisi jumlah. "Banyuwangi menjadi strategis untuk pengembangan infrastruktur pendukung kendaraan listrik," jelas Ipuk, dilansir dari instagramnya.

Program yang dijalankan Ipuk, disambut oleh pelaku usaha perhotelan. Kokoon Hotel Banyuwangi menggelar EV Ecotourism Banyuwangi pada 17 Maret 2021 bekerja sama dengan Hyundai.

General Manager Kokoon Hotel Banyuwangi, Doddy Pribadi mengatakan, program ini sebagai untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menyediakan lokasi pengecasan mobil listrik di area parkir hotel.

"Kami sudah menjalankan program untuk menjaga lingkungan, kali ini kerjasama dengan Hyundai," terangnya. Kerjasama yang dimaksud menghadirkan fasilitas pendukung parkir khusus mobil listrik yang dilengkapi oleh sarana dan prasarananya.

Baca Juga: Ini Kriteria Ban Yang Cocok Untuk Mobil Listrik

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Banyuwangi juga berkesempatan menjajal mobil listrik Hyundai Ioniq. Ipuk merasakan rasanya duduk sebagai penumpang depan. Dia juga mengemudikan mobil dengan rute awal hotel Kokoon menuju De Djawatan Forest.