POPULAR STORIES

Empat Mobil Toyota Lolos Uji Keselamatan Dan Keamanan Di Jepang

Empat Mobil Toyota Lolos Uji Keselamatan dan Keamanan di Jepang Toyota Vellfire (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Empat mobil Toyota mendapatkan skor tertinggi dari Japan New Car Assessment Programme (JNCAP). JNCAP adalah kegiatan rutin yang digelar untuk menguji aspek keselamatan dan keamanan mobil baru Jepang. Keempat mobil yang ikut pengujian JNCAP tahun fiskal 2019/2020 yang berakhir 31 Maret lalu, di antaranya Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Toyota RAV 4, dan Toyota Raize.

Dikutip dari JNCAP dan Toyota Global, pengujian tahun fiskal 2019/2020 ini, salah satu aspek tambahan yang sudah diuji pada 2018/2019 dan digunakan kembali adalah sistem perangkat pengereman darurat.

Baca Juga: Fasilitas Produksi Toyota, Nissan Dan Honda Di Meksiko Akan Dibuka Kembali

Toyota Alphard (Foo: Istimewa)

Penambahan aspek yang diuji ini didasari pertimbangan dan fakta, bahwa pejalan kaki di Jepang yang menjadi korban kecelakaan lalu-lintas, terutama pada malam hari yang terus bertambah. Sistem sebenarnya juga sebagai kebutuhan pengguna mobil bagi mereka yang tinggal di berbagai negara, tujuannya untuk mencegah bertambahnya jumlah korban kecelakaan lalulintas.

Hasil uji JNCAP tahun ini menunjukan Toyota RAV 4 meraih ASV+++ untuk peranti keselamatan preventif dan lima bintang saat diuji tabrak. Begitu pun dengan Toyota Alphard, Vellfire dan yang terakhir adalah Toyota Raize yang diperkenalkan pada gelaran Tokyo Motor Show, Oktober 2019.

Toyota RAV 4 (Foto: Istimewa)

Hasil uji itu membuat keempat produk Toyota mendapat pengakuan, bahwa sistem pencegahan kecelakaan melalui pendeteksian pejalan kaki, yang merupakan bagian dari Toyota Safety Sense dan dibekali mobil buatan mereka diakui. Toyota menyebut, sistem tersebut memang sudah digunakan oleh Alphard dan Vellfire dan mendapat penghargaan yang kedua.

“Alphard dan Vellfire (di pengujian JNCAP itu) mendapatkan Grand Prix Award dalam kinerja keselamatan preventif dengan mendapatkan skor tertinggi. Nilai tertinggi ini diraih selama dua tahun berturut-turut sejak tahun lalu,” tulis Toyota dalam keterangannya.

Sementara itu, sampai saat ini dari keempat mobil yang sudah diuji baru Alphard dan Vellfire yang sudah dipasarkan di Indonesia. Semenara RAV 4 dan Raize masih belum tahu kapan akan dibawa ke Tanah Air.

Toyota Raise (Foto: istimewa)

Baca Juga: Akibat Pandemik Covid-19, Toyota Gazoo Racing Mundur Dari Balapan

Dari data yang dirangkum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, sepanjang Januari sampai April 2020, Toyota Indonesia sudah mengimpor dua MPV itu sebanyak 1.348 unit, dengan rincian 1.194 unit Alphard dan 154 unit Vellfire.