POPULAR STORIES

EROCKIT, Sepeda Motor Listrik Dengan Pedal

eROCKIT, Sepeda Motor Listrik Dengan Pedal Sumber Foto : eROCKIT

KabarOto.com – Produsen sepeda motor listrik asal Jerman, eROCKIT memiliki line-up yang unik nih untuk penggemar sepeda motor listrik. Pasalnya produk eROCKIT merupakan sepeda motor listrik yang unik karena menggunakan unit penggeran unik yang memungkinkan dapat dikendarai sebagai sepeda dan juga sepeda motor berkat penggunaan pedal.

Andy Zurwehme selaku CEO eROCKIT Systems GmbH klaim baha produk mereka merupakan sepeda motor listrik bertenaga pedal pertama di dunia. Dari segi desain, kendaraan roda dua elektrik ini dibangun dari sasis aluminium berkekuatan tinggi dengan tampilan retro.

Baca juga: Motron Motorcycle Punya Motor Listrik Mirip Honda Super Cub 125

eROCKIT Limited Edition 100

Walau terlihat retro, ada beberapa fitur seperti lampu utama LED dan instrumen kluster digital. Posisi baterai juga diletakkan sedemikian rupa sehingga membuat motor ini terlihat tipis. Lalu pelek 17 inci model palang lima dengan rem cakram single disc ukuran 300 mm disandingkan kaliper 2 piston untuk depan dan belakang cakram ukuran 220 mm dengan kaliper 1 piston.

Pihak pabrikan klaim bahwa mereka membuat motor ini dengan bahan berkualitas tinggi. “Kami mendapatkan bahan suku cadang berkualitas tinggi dari berbagai negara. Untuk baterainya dikembangkan bersama rekan perusahaan kami di Swiss,” ungkap Andy Zurwehme.

Baca juga: Jokowi Nyatakan, Semua Kendaraan Di Masa Depan Harus Berbasis Listrik

Bagian yang paling menarik dari sepeda motor listrik ini adalah pedal onboard yang menyalakan generator untuk mengukur output daya yang masuk ke dalamnya. Tidak ada throttle di setang, artinya jika pengendara mengayuh lebih kencang makan motor ini akan berakselerasi. Layaknya seperti mobil Hybrid, motor ini memiliki sistem regenerative braking atau pengisian daya saat melakukan pengereman.

Bicara soal performa, sepeda motor listrik ini dibekali motor listrik 16 kW (22 dk) dengan baterai 6,6 kWh. Dengan kombinasi motor listrik dan baterai tersebut, pihak pabrikan klaim sepeda motor listrik ini mampu melaju hingga 80 kpj dengan jarak sejauh 120 km dalam sekali pengisian daya.

Baca Juga : Budi Luhur Jajal Motor Listrik Di Sirkuit Sentul, Ini Kecepatan Maksimalnya

Tidak hanya itu, sepeda ini memiliki tiga mode berkendara yakni, Eco, Normal dan Sport. Setiap mode menghasilkan output daya yang berbeda. Jika Sobat ingin melakukan pengisian baterai, motor ini dibekali bantuan soket 110-230 V.

Bicara soal harga, di pasar Eropa eROCKIT dibanderol EUR11.850 atau setara Rp 203 jutaan. Jadi bagaimana Sob tertarik?

Berita Terkait

Berita Terkait