POPULAR STORIES

ETLE Mobile Bakal Sasar Tempat-Tempat Rawan Kecelakaan

ETLE Mobile Bakal Sasar Tempat-Tempat Rawan Kecelakaan Ilustrasi ETLE Mobile (Korlantas)

KabarOto.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan inovasi ETLE dalam bentuk Device atau Mobile Apps. Peresmian itu dilakukan saat peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik nasional di 34 Polda jajaran Indonesia di Gedung Korlantas Polri, Jakarta, Kamis (22/9).

Diharapkan, dengan adanya inovasi ETLE dalam bentuk device atau mobile apps, tilang elektronik tidak hanya bersifat diam atau statis. Melainkan dapat bergerak secara dinamis di lapangan.

Baca Juga: Polda Metro Tambah 70 Kamera ETLE Tahun 2023

Terobosan inovasi tersebut sangat bermanfaat dalam memberikan pelayanan prima dan terbaik untuk masyarakat. Dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi itu, angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir sekecil mungkin.

ETLE dalam bentuk device atau mobile apps juga bisa dilaksanakan dalam kegiatan patroli. Khususnya di tempat-tempat yang rawan kecelakaan.

ETLE Mobile (Foto: Istimewa)

"Karena kepatuhan, ketaatan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas makin baik dan ini tentunya akan menurunkan potensi kecelakaan lalu lintas," ucap Jenderal Listyo Sigit.

Sigit menekankan, pengembangan basis teknologi informasi ini diharapkan mampu menghindari terjadinya potensi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh jajaran Polantas.

Baca juga: Polri Akan Tambah Kamera ETLE Di 14 Polda

Mantan Kapolda Banten ini memaparkan, polisi sabuk putih merupakan salah satu personel yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga, harus mampu memberikan pelayanan dan kinerja yang optimal bagi seluruh warga Indonesia.

"Ke depan kita harapkan postur lalu lintas, yang mewakili etalase Polri, menampilkan sosok Polri yang tegas, wibawa, humanis, dan bersih. Namun di dalam pelayanannya tentunya semakin dekat dan dicintai masyarakat," papar Sigit.