Fabio Quartaro Dan Franco Morbidelli Tanggapi Soal Sprint Race Di MotoGP Tahun Ini

Fabio Quartaro dan Franco Morbidelli Tanggapi Soal Sprint Race di MotoGP Tahun Ini Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli

KabarOto.com - Livery baru YZR-M1 yang akan bertarung di MotoGP 2023 sudah diperkenalkan. Dua pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli hadir di Jakarta untuk menyatakan kesiapannya berlaga di musim ini. Lalu bagaimana tanggapan mereka mengenai format sprint di MotoGP tahun ini.

Sprint race, menurut Quartararo akan memecah fokus pebalap, terlebih jika pembalap mengalami cedera, maka akan kehilangan poin. "Saya pikir itu akan jadi tantangan berat bagi pembalap, terutama kami harus terus konsisten," terang Quartararo, di Kuningan Jakarta, Selasa (17/01/2023).

Ia menyatakan, tidak boleh cidera. "Karena pembalap tidak hanya kehilangan satu balapan, tapi satu setengah balapan. Secara mental dan fisik tentunya akan berbeda," ucapnya lagi.

Baca Juga: Monster Energy Yamaha Perkenalkan Livery Baru YZR-M1 2023

Sementara itu, Franco Morbidelli menmbahkan hal yang sama. "Fisik dan mental pembalap akan terkuras saat menjalani Sprint Race. Namun akan terlihat menyenangkan untuk fans dan penonton, karena ada tambahan balapan di akhir pekan," terang Morbidelli.

Monster Energy Yamaha MotoGP 2023

Musim ini, total akan ada 21 balapan, bertambahnya format sprint race di setiap seri akan ada dua balapan. Secara total akan menjalani 42 balapan. Massimo Meregalli, Monster Energy Yamaha MotoGP Team Director, mengatakan, kondisi itu akan membuat kompetisi semakin berat.

"Kami akan memiliki 42 balapan. Jadi kami harus konsisten untuk bisa menjadi juara dunia. Ini format balapan baru dan kami harus membiasakan diri," terangnya. Format ini menurut dia, bagus untuk penonton, namun pembalap dan tim lebih stres.

Seperti diketahui, sprint race merupakan balapan yang diadopsi dari ajang balap mobil Formula 1. Sprint race di MotoGP 2023 nanti akan berlangsung hari Sabtu, dan masuk dalam rangkaian latihan bebas, serta kualifikasi.

Jumlah lap yang yang harus dilalui pembalap setengah dari jumlah balapan. Poin di sprint race ini jumlahnya separuh dari poin yang bisa dikumpulkan pada balapan utama. Jika balapan utama, peraih posisi nomor 1 mendapat 25 poin, sprint race yang tercepat hanya 12,5 poin.

Baca Juga: Usai Tampil Mengecewakan, Franco Morbidelli Ingin Tampil Lebih Agresif

namun, hasil sprint race tidak akan berdampak pada posisi grid di balapan utama, pada hari Minggu. Posisi balapan tetap ditentukan melalui kualifikasi (Q1 dan Q2).