POPULAR STORIES

Facebook Ogah Bikin Mobil Tanpa Sopir

Facebook Ogah Bikin Mobil Tanpa Sopir Facebook (istimewa)

KabarOto.com - Para perusahaan teknologi saat ini beramai-ramai merambah bisnis otonom. Mereka berlomba-lomba menciptakan mobil berteknologi otonom atau tanpa sopir. Meski demikian, Facebook enggan mengikuti jejak para kompetitornya itu.

Google, Apple, dan Baidu menjadi contoh perusahaan teknologi yang saat ini terjun ke dunia otomotif untuk menciptakan mobil otonom. Chief Operating Officer (COO) Facebook Sheryl Sandberg menegaskan Facebook tidak akan ikut berkecimpung ke dunia otomotif, meskipun markas Facebook, California, merupakan produsen mobil terbesar di Amerika Serikat (AS).

Baca Juga:

"Saya datang dengan membawa kabar gembira. Kami satu-satunya perusahaan di Silicon Valley (California, AS) yang tidak membuat mobil," ujar Sandberg, disambut tepuk tangan hadirin, saat pembukaan Frankfurt Motor Show di Jerman, seperti dinukil dari Auto Evolution, Selasa (199/2017).

Facebook merupakan sponsor salah satu pameran otomotif terbesar di dunia itu. Selain pabrikan automotif, pameran yang berlangsung pada 14-24 September 2017 ini juga diikuti oleh banyak perusahaan teknologi dan startup.

Kehadiran perusahaan teknologi dan startup itu di Frankfurt Motor Show tidak lepas dari tren mobil tanpa sopir atau kendaraan otonom. Mobil pintar ini diprediksi mulai marak lepas tahun 2020, bersamaan dengan menjamurnya kendaraan listrik.

Sementara itu, kehadiran Sandberg di Jerman juga terkait dengan aturan yang baru disahkan parlemen negara itu, yakni penerapan denda sebesar 50 juta euro atau sekira Rp776 miliar bagi perusahaan sosial media yang tidak segera menghapus posting bermuatan kebencian.