Faktor Penyebab Kecelakaan Motor Di Jalan

Faktor Penyebab Kecelakaan Motor di Jalan

KabarOto.com - Mengendarai motor menjadi hal yang paling menyenangkan. betapa tidak, saat jalan macet, kendaraan roda dua ini bisa nyalip kanan dan ke kiri mencari celah agar motor tidak berhenti. Namun, kecelakaan di jalan banyak dialami oleh pengendara motor.

Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya manusia, kendaraan, dan lingkungan yaitu adalah jalan raya. Ketika berkendara, faktor manusia merupakan faktor terbesar yang dapat menjadi penyebab suatu kecelakaan.

Baca Juga: Cara Aman Mengendarai Motor Di Musim Hujan

Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora menjelaskan, pada dasarnya ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh masyarakat saat mengendarai motor, yaitu menganalisa situasi.

"Selanjutnya mengambil keputusan, dan mengoperasikan kendaraan dengan baik," terangnya. Karena, satu kesalahan saja dilakukan, dapat menjadi penyebab besar terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu, yang harus dilakukan untuk menghindari dan meminimalisir kecelakaan, pengendara motor harus pandai memprediksi bahaya di jalan raya.

Karena kondisi jalan raya di Indonesia sangat padat, ada banyak sekali kemungkinan yang dapat menjadikan suatu bahaya bagi para pengendara, di antaranya:

1. Pengendara lain yang berada di jalan perilakunya berbeda-beda, ini yang mengancam kita saat menunggangi kuda besi di jalan raya. Ludhy memberikan cara, yaitu menjaga jarak aman dengan pengendara yang lain.

"Jangan ikut-ikut pengendara yang ugal-ugalan, atau melanggar rambu lalu linta," Terangnya. Emosi selama berada di jalan juga harus dijaga, agar kendaraan dapat terkontrol dengan baik.

2. Kondisi jalan menjadi hal yang paling wajib diperhatikan, misalnya berlubang atau berpasir. Jika menemukan jalan berlubang, sebaiknya mengontrol kecepatan lambat dan berkendara dengan cara setengah berdiri agar guncangan yang di terima tubuh tidak terlalu keras.

Ketika jalan berpasir, hindari rem mendadak karena akan menyebabkan roda terkunci dan terjatuh. Selain itu, cuaca hujan atau berkabut, mempengaruhi keselamatan para pengendara, pandangan menjadi berkurang. “Kita harus mengontrol kecepatan agar bisa memprediksi dan menganalisa situasi dengan baik,” terang Ludhy.

3. Moda tranportasi di Indonesia sangat beragam dan banyak di jalan raya, menurut Ludhy, sebagai pengendara harus tetap menjaga jarak aman dengan transportasi umum seperti bus, angkot, ojek online dan sebagainya.

Baca Juga: Ini Yang Harus Diperhatikan Saat Mengendarai Motor Di Jalan

Perhatikan dengan baik pergerakan mereka, ketika mengemudi. Agar jika mengerem atau berbelok mendadak, bisa dihindari dengan cepat tanpa menabrak.