Fast Charging Jadi Solusi Persingkat Isi Aki Mobil

Fast Charging Jadi Solusi Persingkat Isi Aki Mobil

KabarOto.com - Kilas balik ke beberapa tahun silam, pengisian ulang energi listrik aki mobil atau motor dapat memakan waktu sekitar 3-5 jam lamanya. Namun, teknologi charger yang semakin berkembang dapat memangkas waktu proses tersebut hanya dalam 10-30 menit saja.

“Pengisian ulang aki kendaraan dengan sistem fast charging ini dapat menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan pengisian dalam waktu singkat serta memprioritaskan segi ekonomis,” Ujar Haryono, supplier charger super cepat ini yang berlokasi di lt.2 Lindeteves Trade Center Glodok, Jakarta Barat.

Fiturnya pun beragam, ia membeberkan, charger super cepat ini dapat mengakomodir kebutuhan dari 5 Ampere hingga 100 Ampere. Ia pun mengatakan bahwa alat ini sudah banyak beredar di pasaran dan Ia pun sudah sering menerima pesanan dalam bentuk grosir untuk disuplai pada bengkel-bengkel roda 2 & 4.

Baca Juga: Aki Mobil Lebih Baik Dicas Atau Dipakai Jalan?

“Alat ini menggunakan rangkaian elektronik tanpa menggunakan transformator dan sudah dilengkapi fitur auto off sehingga Proses Charging akan terhenti otomatis bila aki sudah penuh sehingga tidak over charge yang dapat merusak aki kendaraan,” jelasnya.

Charger jenis ini juga diklaim berbeda dengan charger biasa yang menggunakan transformator inti besi, memiliki efisiensi daya kurang dari 60% dan memiliki bobot lebih berat.

Selain itu, charger ini diklaim dapat menghasilkan arus besar dan pemakaian daya yang rendah sehingga hemat energi dengan efisiensi daya 95% dan memiliki bobot lebih ringan.

“Soal harga bervariatif, tergantung merek biasanya dari Rp 330 ribu hingga Rp 500 ribu,” tutup pria asal Jawa Timur tersebut.