POPULAR STORIES

Ferrari SF90 Stradale Tembus Rekor Sirkuit Indianapolis Motor Speedway

Ferrari SF90 Stradale Tembus Rekor Sirkuit Indianapolis Motor Speedway

KabarOto.com – Ferrari SF90 Stradale memecahkan rekor putaran tercepat untuk kendaraan produksi masal di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, Amerika Serikat dengan trek sepanjang 3,925 km pada 23 Juli 2021 kemarin. Ferrari SF90 Stradale mencetak waktu 1:29,625 menit.

SF90 Stradale Assetto Fiorano dilengkapi dengan mesin V8 turbo 4.000 cc yang menghasilkan output maksimum 769 dk pada 7500 rpm dan torsi maksimum 800 Nm pada 6000 rpm, Serta menggabungkan tiga motor listrik yang menghasilkan output maksimum 162 kW. Secara total, tenaga maksimalnya mencapai 986 dk.

Baca juga: Novitec Berikan Sentuhan Peningkatan Performa Ferrari SF90 Stradale

Akselerasinya 0-100 kpj tuntas dalam 2,5 detik, akselerasi 0-200 kpj hanya 6,7 detik, dan kecepatan maksimum 340 kpj. Namun kecepatan maksimum di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway tercapai sekitar 281 kpj.

Ferrari SF90 Stradale untuk dipacu di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, mengalami pengurangan bobot sekitar 30 kg. Dicapai dengan penggunaan material berperforma tinggi seperti sokbreker multimatik khusus yang berasal dari balap GT, serat karbon di beberapa panel, pintu serat karbon, bagian bawah bodi serta knalpot keseluruhan menggunakan bahan titanium.

Selain itu, ia dilengkapi dengan spoiler belakang serat karbon, demi menciptalan efek downforce tinggi. Ketika dipacu pada kecepatan 250 kpj, yang menghasilkan downforce 390 kg. Menambah daya cengkram pada permukaan trek sirkuit, dipilih ban Pilot Sport Cup 2R dari Michelin dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja di sirkuit kering.

Baca juga: SF90 Stradale Awal Era Baru Bagi Ferrari

“Ini adalah momen yang luar biasa untuk menyaksikan, melihat bagaimana performa mengesankan dari Ferrari SF90 Stradale mencatatkan rekor lap ini pada 15 Juli,” kata Mark Raffauf selaku Direktur Senior Operasi Balap di International Motor Sports Association (IMSA).

Sementara J. Douglas Boles selaku Presiden IMS mengatakan Sirkuit Indianapolis Motor Speedway dibangun pada tahun 1909 untuk menjadi ajang pembuktian bagi mobil dari semua merek, dan sirkuit ini tetap setia pada DNA tersebut sejak saat itu.

"Baik itu bersaing dalam mobil balap yang dibuat khusus atau menetapkan standar baru dalam mobil produksi, oval 4,023 km yang bersejarah dan jalur jalan raya yang menantang di IMS terus menjadi katalis pengembangan dan kinerja otomotif yang tiada duanya. Selama 112 tahun sejarah, kami selalu bersemangat untuk menjadi bagian dari tonggak penting ini,” tutup J. Douglas Boles.