POPULAR STORIES

FIA Tambah Alokasi Power Unit Untuk Formula 1 Musim 2023

FIA Tambah Alokasi Power Unit untuk Formula 1 Musim 2023 Foto : F1.

KabarOto.com - Kabar baik bagi seluruh tim F1, kini dapat bernafas lega setelah FIA mengumumkan bahwa mereka telah meningkatkan jumlah alokasi Power Unit atau mesin untuk musim 2023.

Setelah pertemuan Komisi F1, seluruh 20 peserta akan memiliki empat, bukan tiga Internal Combustion Engine (ICE), Turbocharger, MGU-H dan MGU-K yang bisa mereka pakai untuk musim F1 2023.

Baca Juga : Jadwal F1 Azerbaijan 2023, Format Sprint Race Pertama Musim Ini

Keputusan tersebut diumumkan setelah FIA mengkonfirmasi format baru Sprint Race F1 yang telah direvisi tahun ini. “Proposal untuk menambah jumlah elemen Power Unit telah dibahas selama pertemuan, dengan persetujuan diberikan untuk menambah jumlah elemen Internal Combustion Engine (ICE), Turbo Charger, MGU-H dan MGU-K untuk 2023 hanya dari tiga (3) menjadi empat (4)," tulis pernyataan FIA.

Tentunya ini kabar baik bagi beberapa pembalap, misalnya saja George Russell (Mercedes AMG Petronas) yang akan mengambil power unit baru setelah mesinnya terbakar pada balapan di Australia.

Baca juga: Begini Penjelasan Format Sprint Race Baru Formula 1

Sementara Electronic Control Unit (ECU) dan Energy Store tetap dialokasikan 2 sepanjang musim. Tentunya tidak bagus bagi Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) yang sudah melebihi alokasi semestinya.