POPULAR STORIES

Lewis Hamilton Dan Charles Leclerc Didiskualifikasi F1 Amerika Serikat 2023

Lewis Hamilton dan Charles Leclerc Didiskualifikasi F1 Amerika Serikat 2023 Foto : F1.

KabarOto.com - Kabar mengejutkan datang dari balapan Formula 1, yang berlangsung di Austin, Amerika Serikat, telah selesai digelar. Tapi sayang bagi Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) yang berhasil finis kedua dan Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) finis keenam, harus menerima keputusan diskualifikasi.

Kedua pembalap itu didiskualifikasi akibat pelanggaran regulasi teknis, yakni pengujian plank wear yang tidak lolos, di mana keduanya hanya menyisakan kurang dari 1 mm saja.

Baca Juga : Red Bull Racing Dan TaylorMade Kolaborasi Buat Stick Golf

Plank wear adalah semacam papan di bagian bawah mobil F1, bentuknya panjang di tengah. Serta ada lubang atau skid block berbahan titanium, akan menimbulkan percikan api saat kecepatan tinggi di lintasan lurus, akibat kontak dengan bagian permukaan lintasan beraspal.

Selama balapan, benda ini akan tergerus sedikit demi sedikit karena gesekan dengan aspal. Jika di akhir balapan ketebalannya di bawah 1 mm, maka pembalap itu akan menerima putusan diskualifikasi. Akibat dari setelan mobil pembalap itu terlalu rendah.

Baca Juga : Helm Unik Pembalap F1 Di Amerika Serikat 2023

Contoh saat plank wear terkikis karena kontak dengan aspal, akan menimbulkan percikan api.

Mercedes-AMG Petronas telah melakukan upgrade lantai baru di balapan ini, dan terbukti performanya meningkat selama akhir pekan. Tapi tim berdalih kalau keausan plank wear mungkin disebabkan oleh trek bergelombang dan jadwal balapan Sprint yang memangkas waktu untuk persiapan, dan memeriksa mobil sebelum balapan.