POPULAR STORIES

FIM Dan Dorna Nyatakan Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi Grade A

FIM dan Dorna Nyatakan Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi Grade A Sirkuit Mandalika (MGPA)

KabarOto.com - Jelang bergulirnya MotoGP Indonesia 2023, kabar baik datang dari Federasi Motor Internasional atau Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna. Ya, keduanya menyatakan bahwa Pertamina Mandalika International Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) lolos proses homologasi dengan Grade A.

Artinya, sirkuit dengan panjang 4,32 km tersebut layak untuk menggelar Grand Prix. Sementara, homologasi grade A sendiri merupakan grade tertinggi yang dimiliki oleh FIM.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Mandalika 2023

Homologasi grade A sendiri diberikan setelah FIM didampingi Dorna, MGPA, MotoGP Race Director, dan berbagai pihak terkait lainnya, melakukan inspeksi ke sirkuit yang memiliki 17 tikungan tersebut.

"Ini berarti Pertamina Mandalika International Circuit sudah layak untuk dijadikan tempat pagelaran ajang Pertamina Grand-Prix of Indonesia pada 13 - 15 Oktober 2023," ujar Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dalam keterangan tertulis.

Priandhi menyebut bahwa keberhasilan lolos homologasi Grade A tersebut tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang telah dilakukan oleh ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM.

Baca Juga: Valentino Rossi Bakal Balapan Di MotoGP Mandalika 2023?

Bahkan, sejumlah pembalap yang akan turun di MotoGP Mandalika 2023 mengakui kualitas keseluruhan Sirkuit Mandalika jauh lebih baik ketimbang tahun sebelumnya saat penyelenggaraan pertama MotoGP 2022.

"Mereka sendiri menyatakan kondisi sirkuit tahun ini jauh lebih bagus, baik dari sisi permukaan maupun kebersihan, estetika. Over all di paddock juga lebih bagus," kata Priandhi.