POPULAR STORIES

First Drive DFSK Glory 580 - Senyap Dan Penuh Hiburan

First Drive DFSK Glory 580  - Senyap dan Penuh Hiburan ted diesta

KabarOto.com - Semua bermula dari sasisnya yang bikin pangling. Hasilnya, Glory 580 ini ketambahan makna senyap lewat ratusan NVH yang diartikan sebagai Noise, Vibration dan Harshness.

Berpusat pada, “Rancangan sasis yang bisa mengendalikan 200 titik getaran dan sumber penghasil suara," ucap Head of Product Plan DFSK, Ricky Humisar. Dengan isolasi kebisingan ini, NVH, mampu menekan hingga 38 dB.

Baca Juga: First Drive DFSK Glory 580 - Menjajal 7 Seats City SUV with 7 Years Warranty

Selain di luar sasis, terdapat beberapa trik yang dilakukan DFSK, seperti aplikasi karpet redam di keempat bagian lengkung dalam sepatbor atau 2 bilah pemecah angin pada spion. Dua bukti ini saja sudah cukup membuat saya untuk tahu lebih detail, bahwa senyap adalah nyawa yang diprioritaskan.

 DFSK Glory 580

Kabin Luas, Bagasi Lega

Dari sini kemudian berkembang pada desain cangkang. Bagi saya, sebenarnya kata kuncinya adalah fleksibilitas kabin. Panjang-lebar-tingginya 4.680/1.845/1.715 mm. Sementara wheelbase ada di 2.780 mm. Di kelasnya, angka-angka ini memberikan potensi keleluasaan.

Apalagi kalau melihat variasi dimensi bagasi yang dimulai dari 390 hingga 2.040 mm, dengan konfigurasi 375 liter sampai 2.215 liter, untuk volume kabin yang didapat dari merebahkan jok-jok belakang.

Tentang kabin, SUV yang sempit rasanya bukan pilihan. Membawa belanjaan bulanan bisa dengan mudah di Glory 580. Sepeda, dengan agak sedikit direbahkan, bisa masuk berbarengan dengan peralatan olahraga lainnya. Belum lagi kalau saya detailkan. Glory 580 punya 30 ruang penyimpanan di dalam kompartemennya. Tanpa melipat jok tengah,

 DFSK Glory 580
Tanpa melipat jok tengah, bagasi punya ruang penyimpan sepanjang 1.060 mm

 DFSK Glory 580
Lipat jok tengah, bagasi punya ruang ekstra hingga sepanjang 2.040 mm

Konsol tengahnya bertingkat. Di tepi atas bisa jadi tempat penyimpanan praktis, dan di bagian bawah merupakan penyimpanan yang sedikit lebih privasi. Sehingga pemakaian EBP (electronic parking brake) merupakan solusi juga bagi optimalisasi ruang simpan kabin.

Selain itu, saya akan menceritakan 2 bagian penting bagi pemilik mobil, yaitu kondisi dari bagian depan dan juga dari bagian belakang. Rasanya ini menjadi fair karena juru bayar bisa saja dari sudut pengemudi atau dari sisi majikan. Kamu bayangkan produk Asia non Jepang itu kayak apa? Seperti beli sepeda di mega store? Kalau iya begitu, mohon kesampingkan dulu pendapat seperti itu untuk di mobil ini.

Sebagai pengemudi, saya mendapatkan banyak hal. Utamanya pada pusat hiburan. Seperti dalam kamar hotel berbintang, privasi dan teknologi jadi satu. Di pusat komando, terdapat layar sentuh LED berdimensi 10 inci, yang menjadi pusat hiburan dan juga safety selama berkendara. Bisa Bluetooth, ada USB dan Aux Port, punya navigasi GPS, selain tentunya dilengkapi kamera mundur dan koneksi ponsel pintar dengan tampilan mirroring.

 DFSK Glory 580
Blackbox alias DVR, posisi kameranya ada di balik spion tengah

Tapi yang menjadi amat penting adalah inovasinya. Terbayang tidak sebelumnya, kalau mobil ini punya yang namanya indikator Tire Pressure Monitoring System (TPMS)? Kita semua sibuk, bahkan juga saat happy, mudah lupa akan kondisi ban. TMPS bisa membantu memantaunya. Pengendara memang kudu mengecek semua sebelum menekan Push-Start Engine. Layaknya pilot dalam kokpit.

Sebagai pamungkas segalanya, ada pada fitur Driving Vehicle Recorder (DVR). Alat ini mirip black box seperti halnya di pesawat terbang, dapat merekam seluruh jejak perjalanan. Di kelasnya, ini baru pertama kali digunakan. Posisinya ada di tengah-atas kaca depan, persis di balik spion kabin. Layaknya ajudan, kamu bisa tenang dengan alat ini.

 DFSK Glory 580
Hasil rekaman dari DVR, bisa ditampilkan langsung melalui monitor yang punya fitur segudang

 DFSK Glory 580

Glory 580 Senyap dan Aman

Sementara dari bagian belakang, saya mencatat beberapa hal dari baris jok tengah. Duduk di jok tengah ini seperti mendapat perlindungan ekstra. Bahan joknya cukup nyaman. Ruang kaki juga lega. Mau nyender juga masih dapat ergonomikalnya, bagus buat saya yang sering nyeri pinggang. Dan jarak pandang ke depan juga leluasa.

Namun bagian bahu saya berada di bawah garis kaca pintu. Ini membuat saya agak pangling, seolah agak turun joknya. Tapi ini tidak mengurangi kenyamanan duduk, malah seakan badan saya lebih dilindungi oleh bodi mobil ini.

Toh kata Managing Director Sales Centre PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, "Dari angle safety, Glory 580 sudah dapat akreditasi 5 star safety security."

Akibatnya jarak kepala saya ke plafon semakin besar gap-nya. Kisi-kisi AC di dekat titik atas pilar C, persis berada di atas kepala menyiram dinginnya kabin. Smooth deru semburannya. Hanya perlu diatur arah anginnya sedemikian rupa agar tak terlalu kena ke ubun-ubun kepala.

Kalaupun tak ingin memakai mesin pendingin, cukup buka sunroof. Gayanya juga dapet toh. Sedikit saja input bagi calon pembeli.

Agar semakin cihuy, rasanya perlu ditambahkan peredam di sekitar bagian bawah jok baris kedua.

Baca Juga: First Drive DFSK Glory 580 - Nyaman di Jalan, Aman di Tanjakan

 DFSK Glory 580
Aman berkat side airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang