POPULAR STORIES

First Impression - Wuling Almaz 1.5L Turbo

First Impression - Wuling Almaz 1.5L Turbo Wuling Almaz (Deni/KO)

KabarOto.com - Setelah sempat menjadi perbincangan hangat warganet selama beberapa bulan terakhir, akhirnya Wuling Motors resmi memperkenalkan model teranyarnya untuk bermain di segmen sport utility vehicle (SUV), yakni Wuling Almaz kepada sejumlah awak media di kawasan Sentul, Jawa Barat pada tanggal 23 Januari lalu.

Wuling Almaz dilengkapi dengan beragam fitur modern, untuk dapat menunjang kenyamanan serta keamanan baik pengemudi maupun penumpang ketika berkendara.

Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors menegaskan, Wuling Almaz di dukung oleh tiga aspek utama yang menjadi konsep pengembangan dari produk ini, mulai dari Smart Multimedia, Powerful Turbo Engine, dan New CVT Technology.

Beruntung KabarOto berkesempatan untuk merasakan langsung sensasi berkendara bersama Wuling Almaz di lintasan Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Berikut ulasan lengkapnya, Sob!

Wuling Almaz di Negeri Tiongkok dikenal dengan nama Baojun 530. Nama Almaz yang diusung sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti diamond atau berlian. "Kami melihat berlian itu melambangkan stylish, cantik, berharga, dan kuat. Hal tersebut yang mendasari kami menamai SUV ini dengan nama Almaz," ujar Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors.

Baca Juga : Wow.. Ternyata Wuling Almaz Terinspirasi Dari Bahasa Arab Loh!

1. Eksterior

desain Wuling Almaz
Wuling Almaz memiliki desain yang futuristik dan mengedepankan kesan modern

Impresi pertama kami ketika melihat Wuling Almaz, mobil ini terlihat futuristik dan juga modern. Layaknya SUV pada umumnya, secara tampilan sporty dan terkesan mewah. Hal tersebut diperkuat dengan desain lampu depan yang menyipit layaknya mobil masa kini.

Untuk mendukung kesan modern, Wuling Almaz didukung dengan lampu LED projector. Untuk menunjang kesan modern, Wuling Almaz juga dilengkapi dengan DRL (daytime running light) yang juga berfungsi sebagai sein, Wuling menamainya dengan future eyes LED.

Wuling Almaz dilengkapi dengan pelek berukuran 215/60 R17 untuk menunjang kesan sporty, dengan ban yang agak lebar memberikan traksi yang baik ke permukaan aspal. Pada saat bermanuver, pengendalian mobil ini pun cukup mumpuni, kala kami membesutnya di lintasan sirkuit.

Bagian belakang Wuling Almaz
Bagian belakang Wuling Almaz terlihat kekar dan mewah

Pada bagian belakang, terlihat Wuling Almaz memiliki lampu utama memanjang dengan sein yang berada pada ujung kiri dan kanan lampu. Model lampu belakangnya ini terlihat berkelas, karena tidak terpotong oleh pintu bagasinya.

Baca Juga : Wuling Telah Resmikan Outlet 3S Pertama Di Jambi

Sisi uniknya, kedua lampu sein menyala layaknya lampu hazard ketika kondisi pintu bagasi terbuka, namun tetap akan berfungsi normal ketika digunakan saat tengah berkendara.

Selain itu, Almaz pun dilengkapi dengan spion lipat elektrik, antena sirip hiu, spoiler atas di belakang, serta floating roof desain yang berada di pilar C.

2. Interior

Dasbor Wuling Almaz
Dasbor Wuling Almaz berukuran 10,4 inci yang mewah, didukung dengan beragam fitur modern

Mengejutkan! Mungkin jadi kata-kata yang paling pas kala kami melihat sisi interior Wuling Almaz. Bagaimana tidak, ketika masuk kedalam kabin mata kami langsung tertuju kepada layar monitor besar berukuran 10,4 inci yang berada tepat di tengah dasbor. Wuling Almaz memang diklaim mengedepankan teknologi sebagai daya tariknya.

Hampir seluruh operasional mobil telah terkoneksi dengan layar monitor bernama smart multimedia itu, seperti pemutar musik, bluetooth phone, radio, pengaturan AC, hingga Wuling Link. Berbeda dari beberapa SUV lainnya yang juga dipasarkan di Indonesia. Melalui layar tersebut pemilik mobil dapat mengatur beragam fitur seperti menaik dan turunkan kaca jendela, penguncian pintu, pengaturan lampu, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) hingga menyajikan kamera 360.

 Wuling Link terkoneksi smartphone
Pengoperasian Wuling Link yang terkoneksi dengan smartphone

Guna menunjang kesan mewah dan modern, interior Wuling Almaz dilengkapi dengan setir berlapis kulit, dasbor soft touch, jok pengemudi dengan 6 link pengaturan elektrik, start/stop engine button, 9 speaker Infinity by Harman plus Subwoofer dan Panoramic Sunroof.

Baca Juga : Wuling Indonesia Sudah Mulai Lirik Pasar Ekspor

Pengemudi pun semakin dimanjakan berkat hadirnya fitur steering control. Dengan begitu pengemudi dapat mengontrol beragam fitur yang ada seperti pemutar musik, volume audio, hingga telepon dengan mengkoneksikan pada smartphone, serta dapat memilih tampilan MID yang menyajikan beragam informasi.

3. Performa

Performa Wuling Almaz

Performa dan handling Wuling Almaz cukup baik saat menghadapi sejumlah rintangan

Wuling Almaz dipersenjatai dengan mesin 4 silinder DOHC Turbocharged, dengan kapasitas 1.451 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 140 dk pada 5.300 rpm dengan torsi sebesar 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. Saat KabarOto mencoba secara langsung, Wuling Almaz memiliki respon yang cukup baik saat berakselerasi. Mungkin saja hal tersebut berkat dukungan teknologi turbocharged yang digunakan pada Almaz merupakan generasi terbaru buatan Honeywell, yang mampu mendorong torsi semakin besar.

Tenaga yang disalurkan melalui transmisi CVT 8 percepatan terasa cukup responsif sejak putaran bawah mesin. Serta perpindahan transmisi Almaz pun terasa halus, ketika kickdown tak terasa turbo lag yang biasanya ada pada mobil dengan suntikan turbo. Transmisi CVT Almaz pun didukung dengan mode manual, yang menawarkan sensasi berbeda bagi SUV asal Tiongkok ini.

Prototipe mesin Wuling Almaz
Prototipe mesin Wuling Almaz

Sisi positif yang KabarOto dapatkan saat merasakan performa Wuling Almaz adalah handling yang ternyata diluar ekpektasi kami, mengingat bodi Almaz yang besar ditakutkan memiliki pengendalian yang tak nyaman serta limbung. Namun hal tersebut terjawab, mobil tetap stabil saat bermanuver tajam dengan kecepatan rendah hingga menengah dan hasilnya cukup memuaskan bagi kami.

Prototipe CVT Wuling Almaz
Prototipe CVT Wuling Almaz

Wuling Almaz menawarkan sensasi berkendara yang menyenangkan, walau di ajak bermanuver tajam sekalipun. Setir dan roda sangat presisi, serta body roll yang biasa ditemui kala membesut sebuah SUV terasa minim dan handling pun stabil.

Baca Juga : Wuling Buka-Bukaan Tentang Alasan Mengapa Almaz Hanya 5 Penumpang

Berikut spesifikasi Wuling Almaz:

Mesin 1.451 cc, Dual VVT 4-silinder DOHC, Turbocharged
Tenaga 140 dk
Torsi 250 Nm
Transmisi CVT with 8-Speed Simulated
P x L x T 4.655 x 1.835 x 1.760 mm
Wheelbase 2.750 mm
Rem Depan / Belakang Disc Brake / Disc Brake
Tipe Penggerak Front Wheel Drive (FWD)
Tipe Kemudi Electronic Power Steering (EPS)
Suspensi Depan McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension
Suspensi Belakang Multi-link Trapezoidal, Independent Suspension
Ban dan Pelek 215/60 R17
Fitur dan Keselamatan Keyless Entry, Immobilizer, Drive mode (Eco, Sport), Audio steering switch, 4 Airbags, Traction Control, Cruise Control, ABS EBD BA, Electronic Parking Brake, Hill Hold Control, Auto Vehicle Holding, Emergency Stop Signal
Hiburan Smart Multimedia 10,4 touchscreen merupakan layar besar head unit layar sentuh yang memberikan kemudahan bagi pengemudi maupun penumpang melalui beragam fiturnya. Mulai dari hiburan, konektivitas, pengaturan kendaraan dan pengaturan pendingin udara, tampilan kamera 360, hingga TMPS
Harga None