Wuling Indonesia Mulai Lirik Pasar Ekspor

Wuling Indonesia Mulai Lirik Pasar Ekspor Wuling Motors (Deni/KO)

KabarOto.com - Meski terbilang sebagai pendatang baru di Indonesia, namun Wuling Motors memang terbilang cukup siap untuk bersaing di industri otomotif Tanah Air. Melalui hadirnya pabrik yang berada di wilayah Cikarang, Jawa Barat, Wuling diketahui memiliki fasilitas produksi yang cukup besar. Tujuan pabrik sendiri tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik saja, serta bersiap untuk mengarungi pasar ekspor.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya membutuhkan pengembangan lebih jauh, serta dana yang tentunya tidaklah sedikit. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Wuling Motor Indonesia baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 9 triliun dari prinsipal mereka di Tiongkok, untuk memperluas pasar mereka di Indonesia termasuk pasar ekspor.

Baca juga: Wuling Buka-Bukaan Mengenai Alasan Almaz Hanya 5 Penumpang

"Pengembangan Wuling di Indonesia itu untuk jangka panjang. Investasi Rp 9 triliun itu untuk pengembangan merek Wuling di Indonesia, dari sisi produk, dealer, suplier, hingga ekspor," papar Cindy Cai, Vice President Wuling Motors saat berbincang dengan KabarOto di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/1/2019).

Sejalan dengan itu, menurut Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors menambahkan, "Kami memang memiliki rencana untuk ekspor. Namun saat ini detailnya seperti apa kami belum bisa membeberkan secara rinci. Karena saat ini masih banyak yang harus dipersiapkan," jelasnya.

Saat dikonfirmasi lebih jauh, Dian menjelaskan bahwa untuk tahap awal pasar ekspor yang dituju adalah pasar Asia, khususnya Asia Tenggara. Sementraa untuk model khusus bagi pasar ekspor hingga saat ini belum bisa diputuskan apakah Confero, Cortez, atau Almaz.

Baca juga: Wow.. Wuling Almaz Terinspirasi Dari Bahasa Arab

"Untuk model saat ini kita belum tahu, kita masih studi permintaan di sana seperti apa. Tapi kalau bicara kesiapan, ketiga produk kami itu siap untuk di ekspor," tutupnya.

Sekadar informasi, saat ini Wuling Motors di Indonesia menawarkan empat produk mereka untuk pasar otomotif Tanah Air. Mulai dari Wuling seri Confero, Cortez, Formo, hingga model SUV yang baru saja diperkenalkan, yakni Almaz.