POPULAR STORIES

First Ride Yamaha E01, Motor Listrik Rasa Konvensional

First Ride Yamaha E01, Motor Listrik Rasa Konvensional First ride Yamaha E01 (Foto: YIMM)

KabarOto.com - Yamaha E01 merupakan motor listrik yang diperkenalkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) awal 2022 lalu. KabarOto.com berkesempatan untuk menjajalnya di kawasan Sentul, Jawa Barat belum lama ini.

Sebelum mencobanya, sedikit ulasan tentang bodi motor yang terlihat modern, sekilas mirip dengan Yamaha Nmax. Warnanya putih, di bawah jok ada warna hitam, ada tulisan Yamaha di depan.

Bagian depan, tepat di bawah setang ada warna hitam, terdapat kotak yang fungsinya untuk mengisi baterai. Di kanan serta kiri ada lampu LED yang bentuknya seperti bumerang.

Baca Juga: Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Bisa Dicoba Masyarakat Indonesia, Begini Caranya

Menariknya, lampu utama ada di bawah bodi depan, bentuknya bulat di kanan dan kiri, seperti dua buah mata. Jika lampu besar tidak diaktifkan, maka hanya satu yang terlihat menyala, jika diaktifkan dua lampu tersebut akan memberi penerangan maksimal.

Yamaha E01 dibalut warna poutih dengan nuansa hitam di beberapa bagian (Foto: KabarOto)

Di belakang, sepatbor dibuat terpisah dari body, tepat berada di tengah, menutupi ban belakang. Lampu sein bentuknya menyipit, seperti kendaraan masa depan, semakin terlihat elegan.

Jok sudah dilpisi bahan kulit, di bawahnya terdapat charging portable, bisa mengisi baterai di rumah saat motor tidak digunakan, dengan waktu lebih dari 10 jam. Jika charging dikeluarkan, bagasi cukup luas untuk membawa barang kebutuhan berkendara, seperti jas hujan, sepatu dan pakaian ganti. Atau bisa juga difungsikan untuk mengangkut narang belanjaan.

Nah, posisi baterai ada di bawah antara jok dan setang. Kalau Yamaha Nmax, tempat ini untuk tangki bahan bakar, tapi Yamaha E01 untuk penyimpanan baterai. Dek kaki, ada di kanan serta kiri, persis seperti skuter bongsor Yamaha lainnya.

Beralih ke Panel meter, berisi informasi baterai, jarak tempuh, kilometer, jam, mode berkendara, di antaranya Standar, Eco dan Sport. Bisa diaktifkan melalui tombol yang ada di kiri setang. Oiya, ada juga informasi seperti tanda baterai berwarna hijau.

Baca Juga: Yamaha E01 Akan Diuji Masyarakat Indonesia, Data Ini Yang Akan Dikumpulkan

Jika lampu hijau, tandanya motor sudah bisa digunakan. Saatnya saya mengemudikan motor listrik ini. Posisi duduk cukup nyaman, jok belakang bisa untuk satu orang penumpang. Dan kaki saya, juga bisa menapak di tanah, sehingga pengemudi dengan tinggi badan 165, masih bisa memijakkan kaki.

Sebelum memulai perjalanan, saya harus memutar kontak, setelah itu tekan tombol start, sampai lampu hijau yang ada di panel meter berwarna hijau menyala. Setelah itu, putar tuas gas, dan motor bisa berjalan.

Jok bisa membawa charger portable, sehingga bisa mengisi baterai di mana saja

Berkendara awal, saya mencoba mode Eco, fungsinya untuk menghemat baterai, dan cocok digunakan untuk jalan perkotaan yang lurus. Namun begitu menanjak, saya langsung menggantinya dengan mode standar. Karena dirasakan saya sudah tidak ada tenaga untuk melibas tanjakan, meski tidak begitu curam.

Untuk mengalihkan mode ini, gas harus ditutup, mengaktifkan di tombol mode, maka akan muncul tulisan standar. Jika dirasakan kurang kuat melibas tanjakan, bisa ganti ke mode sport. Caranya sama.

Saya memilih menggunakan mode sport, karena di Bukit Pelangi, Sentul yang menjadi lokasi tes ride ini, kontur jalannya menanjak dan menurun, serta berkelok. Suspensi belakangnya sokbreker ganda, saya merasakan kenyamanan saat melintasi jalan berbatasan.

Tenaga motor ini maksimal mencapai 8.1kW dan torsi 30.2Nm, dalam mode berkendara sport, motor ini bisa melaju sampai 100 kpj. Saya belum bisa mencapai kecepatan maksimal, karena kondisi jalan yang berkelok.

Baca Juga: Motor Listrik Yamaha E01 Masih Bisa Berjalan, Meski Baterai Sudah 0 Persen

Yamaha E01 menggunakan sumber tenaga fixed baterai berjenis Lithium Ion, dilengkapi built ini Battery Management System. Memiliki kapasitas sebesar 4.9 kWh dan daya 87.6 V / 56.3 Ah, saat kondisi penuh, mampu menempuh jarak sejauh 104 km.

Mengendarai Yamaha E01 ini serasa menunggangi konvensional, hanya saja tidak ada suara, senyap. Lampu sein dan klakson mudah digunakan, sehingga pengemudi bisa dengan mudah memberi tanda ke pengendara lain.

Sayang hanya sebentar, impresi ini menempuh jarak kurang lebih sekitar 3 kilometer. Belum puas rasanya untuk menjajal fitur-fitur menarik di motor ini. Nah, buat kalian yang ingin mencoba motor ini, bisa datang ke diler Yamaha terdekat.