POPULAR STORIES

Fitur Baru Gobis, Tinggal Scan Barcode Suroboyo Bus Siap Menjemput

Fitur Baru Gobis, Tinggal Scan Barcode Suroboyo Bus Siap Menjemput

KabarOto.com - Pemerintah Daerah di beberapa wilayah Indonesia kini tengah mengupayakan warganya untuk beralih menggunakan transportasi umum. Belum lama, wilayah DKI Jakarta menuai pro-kontra dengan adanya perluasan area yang terkena wilayah ganjil genap.

Alasan perluasan ini selain untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan mengurangi polusi kendaraan, Pemerintah ingin masyarakat lebih memanfaatkan transportasi umum yang disediakan. Di antaranya TransJakarta, MRT, LRT, dan KRL. Tidak berbeda, Surabaya juga menggalakan hal yang sama.

Baca Juga: 7 Fitur Canggih Bus Ramah Lingkungan Toyota Sora

Ibu Kota Kabupaten Jawa Timur ini sudah mengoperasikan Suroboyo Bus selama satu tahun terakhir. Hal ini disambut baik oleh warga setempat, terbukti terus meningkatkan angka jumlah penumpang setiap bulannya. Fasilitas serta layanan terkait Suroboyo Bus ini juga terus diberi inovasi dan dimaksimalkan.

Sebelumnya Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya sudah mengeluarkan aplikasi Gobis. Calon penumpang Suroboyo Bus bisa menggunakan aplikasi ini untuk tracking posisi bus. Terdapat satu fitur baru di dalamnya yaitu 'Menunggu di Halte.'

Salah satu pelayanan terbaru ini dibuat untuk menambah kenyamanan calon penumpang, karena bisa terdeteksi oleh bus terdekat. Fitur Menunggu di Halte ini terdapat scan QR Code. Cara penggunaannya cukup mudah, ketika sampai di halte atau bus stop calon penumpang hanya perlu scan barcode dari aplikasi.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Daftar Rute Transportasi Umum Jika Perluasan Gage Diberlakukan

Setelah scan diterima, keberadaan calon penumpang akan diketahui oleh kru Suroboyo Bus terdekat dan segera dijemput. Tidak hanya itu, penumpang juga akan terdeteksi oleh Surabaya Integrated Urban Transport System (SIUTS), yaitu Pusat Kontrol Suroboyo Bus di Terminal Joyoboyo sehingga terkontrol keamanannya.

Demi mendukung pemanfaatan transportasi umum, pelajar di Surabaya juga mendapat fasilitas Bus Sekolah Surabaya. Nah, untuk pelajar yang naik bus sekolah diharuskan tapping E-School Bus Card.

Baca Juga: Hemat Listrik, Pemkot Surabaya Gunakan Traffic Light Berteknologi Solar Cell