POPULAR STORIES

Jangan Bingung, Ini Daftar Rute Transportasi Umum Jika Perluasan Gage Diberlakukan

Jangan Bingung, Ini Daftar Rute Transportasi Umum Jika Perluasan Gage Diberlakukan Foto: Transjakarta

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar adanya wacana perluasan wilayah Ganjil Genap di DKI Jakarta. Pada Jumat (02/08) lalu, perencanaan ini didiskusikan oleh jajaran Pemerintah Daerah dan aparatur Negara. Pasalnya, wacana ini berkaitan dengan polusi udara yang sangat buruk beberapa waktu ke belakang, di wilayah DKI Jakarta.

Nah, sebagai upaya memperbaiki udara di DKI Jakarta, perluasan wilayah ganjil genap menjadi solusi yang tepat. Namun, sampai saat ini belum ada keputusan pasti dari Pemerintah terkait permberlakuan konsep tersebut.

Baca Juga: BSD Link, Muter BSD Serpong Gratis Loh!

"Memang targetnya Pak Gubernur ke kami itu pada minggu ini, awal minggu ini sudah harus disampaikan. Tapi ternyata kan ini belum selesai untuk kajiannya," jelas Syafrin Liputo selaku Kepala Dishub DKI Jakarta.

Dengan luasnya ruas jalan yang terkena sistem ganjil genap, masyrakat diharapkan dapat beralih ke moda transportasi umum dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Hal tersebut juga sesuai dengan bunyi Ingub (Instruksi Gubernur) No. 66 Tahun 2019 yang berbunyi, Mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan kebijakan ganjil-genap sepanjang tahun.

Jika wacana ini benar diberlakukan, untuk Sobat KabarOto yang baru mulai menggunakan transportasi umum. tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Pemerintah Kaji Moda Transportasi Baru O-Bahn

Di beberapa titik sudah berlalu lalang transportasi, karena ada berbagai pilihan untuk menuju lokasi menggunakan transportasi umum. MRT Lebak Bulus hingga HI merupakan yang terbaru. Berikut rute Trans Jakarta :

Bagian Utara
1. koridor 5: Kampung Melayu - Ancol
2. Koridor 9: Pinang Ranti - Pluit
3. Koridor 10: PGC Cililitan - Tanjung Priok
4. Koridor 12: Priok - Pluit

Bagian Timur
1. Koridor 2: Pulogadung - Harmoni
2. Koridor 4: Pulogadung - Dukuh Atas
3. Koridor 7: Kampung Rambutan - Kampung Melayu
4. Koridor 9: Pinang Ranti - Pluit
5. Koridor 11: Kampung Melayu - Pulogebang

Bagian Barat
1. Koridor 3: Kalideres - Harmoni
2. Koridor 13: Cildeuk - Blok M

Bagian Selatan
1. Koridor 1: Blok M - Kota
2. Koridor 6: Ragunan - Dukuh Atas
3. Koridor 8: Lebak Bulus - Harmoni

Baca Juga: Transportasi Umum Baru, Bus JR Dan JA Conexion Hadir Di Tangsel Nih