7 Fitur Canggih Bus Ramah Lingkungan Toyota Sora

7 Fitur Canggih Bus Ramah Lingkungan Toyota Sora

KabarOto.com - Toyota kembali merilis fitur-fitur keamanan untuk bus ramah lingkungan besutannya. Bus yang diberi nama Toyota Sora ini sebenarnya telah dirilis sejak tahun lalu. Namun Toyota terus berupaya untuk meningkatkan teknologi dan perangkat-perangkat keselamatan pada bus ini. Hal tersebut ditujukan agar bus ini dapat semakin aman digunakan oleh masyarakat.

Dari segi eksterior sebenarnya bus ini terlihat cukup menarik dan futuristis. Bus berkelir hitam dan putih ini menggunakan desain yang dinamis. Nama bus ini adalah singkatan dari Sky, Ocean, River, Air, yang menunjukkan siklus air di bumi. Bus ini juga menggunakan tenaga hidrogen sebagai sumber daya mesinnya.

Namun hal yang paling menarik adalah fitur-fitur keselamatannya. Toyota menamai fitur canggih ini dengan nama ITS (Intelligent Transport Systems). Cukup banyak fitur keselamatan yang disematkan di bus ini. Total ada tujuh fitur keselamatan terbaru yang disematkan di bus ini.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing Industri Komponen Otomotif, Kemenperin Gelar Pameran

Berikut adalah fitur-fitur terbaru dalam bus Toyota Sora.

  1. ITS Connect Vehicle-to-Infrastructure Communication System

Fitur yang pertama adalah ITS Connect Vehicle-to-Infrastructure Communication System. Fitur canggih ini menghubungkan bus dengan sistem lalu lintas. Dilansir dari Toyota, bus dan perangkat lalu lintas akan saling berbagi informasi. Tentang kendaraan yang akan melintas, pejalan kaki, dan lampu lalu lintas untuk meningkatkan kesadaran pengemudi.

Dengan adanya sistem ini, kemungkinan bus melakukan pelanggaran lalu lintas, maupun terlibat kecelakaan akan berkurang. Namun sistem ini juga perlu dukungan perangkat lalu lintas yang canggih.

  1. Emergency Driving Stop System

Fitur kedua yang disematkan adalah Emergency Driving Stop System, atau tombol keadaan darurat. Fitur ini akan memberhentikan bus dalam keadaan darurat. Seperti yang Dilansir dari Toyota, Jika terjadi situasi mendesak, seperti pengemudi yang tiba-tiba jatuh sakit, sistem ini memungkinkan pengemudi atau penumpang menekan tombol rem darurat untuk memperlambat bus dan membawanya ke halte.

Sistem kontrol ini telah dirancang khusus untuk bus, di mana keselamatan penumpang yang berdiri sangat penting. Ketika tombil ini ditekan, bus akan melambat. Lampu merah berkedip dan suara juga akan mengingatkan penumpang dalam keadaan darurat. Mereka yang berada di luar bus ataupun berada dekat bus juga diperingatkan bahwa bus dalam keadaan darurat. Mereka diperingatkan melalui klakson, lampu rem yang berkedip serta lampu hazard.

  1. Collision Warning System

Fitur ketiga adalah Collision Warning System, fitur ini akan memberikan peringatan ketika bus akan terlibat kecelakaan. Namun ketika bahaya kecelakaan semakin dekat, sistem dalam bus akan memudahkan manuver dari bus untuk berupaya menghindari kecelakaan.

  1. ITS Connect Vehicle-Convoy Information Service

Fitur terbaru keempat adalah ITS Connect Vehicle-Convoy Information Service. Sistem ini mendeteksi keberadaan bus lain di depan dan di belakang. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi penumpukan bus di persimpangan dan di jalan, dan kendaraan lain masih tetap bisa melintas.

Baca juga: Hemat Listrik, Pemkot Surabaya Gunakan Traffic Light Berteknologi Solar Cell

  1. ITS Connect Communicating Radar Cruise Control

Bus ini juga telah dilengkapi fitur cruise control yang sangat canggih. Dilansir dari Toyota, bus-bus ini dilengkapi dengan cruise control berbasis radar pada semua kecepatan kecepatan. Cruise control ini mendukung akselerasi dan deselerasi yang mulus.

  1. ITS Connect Wave-Type Public Transportation Priority System with Convoy Function

Fitur keenam adalah adalah ITS Connect Wave - Type Public Transportation Priority System with Convoy Function. Ketika sedang melakukan konvoi, seringkali rombongan menjadi terpecah karena terjebak lampu lalu lintas. Namun dengan adanya fitur canggih ini, Toyota Sora dapat mengatur durasi dari lampu lalu lintas. Hal ini ditujukan agar bus tidak terpisah ketika melakukan konvoi.

  1. Automatic Arrival Control System (Opsional)

Fitur terakhir adalah Automatic Arrival Control System, fitur ini berfungsi mengatur bus agar dapat mendeteksi lampu panduan yang berada di aspal. Hal ini agar bus dapat berhenti sedekat mungkin dengan halte atau trotoar. Fitur ini ditujukan untuk penumpang dengan kursi roda dan kereta bayi. Celah yang mepet antara bus dan trotoar akan memudahkan penumpang dengan kursi roda atau kereta bayi untuk naik ke bus.

Namun ternyata fitur-fitur canggih pada bus Toyota ini tidak dibuat oleh Toyota sendiri. Toyota menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti Hino dan Isuzu.

Seperti yang dilansir dari Toyota, dari fitur-fitur terbaru yang ditambahkan ke bus, Emergency Driving Stop System dikembangkan oleh Hino Motors. Collision Warning System, Automatic Arrival Control, ITS Connect Vehicle-to-Infrastructure Communication System, dan ITS Connect Communicating Radar Cruise Control dikembangkan bersama denan Hino Motors dan Isuzu Motors. Vehicle-Convoy Information Service dan ITS Connect Wave-Type Public Transportation Priority System with Vehicle Convoy dikembangkan bersama oleh Hino, Isuzu dan Toyota.

Wah, canggih ya fitur-fitur bus ramah lingkungan dari Toyota ini. Kira-kira, mungkinkah Toyota Sora dengan sistem canggih ini mengaspal di Indonesia? (Gregorius Nikolaus.P)

Berita Terkait

Berita Terkait