POPULAR STORIES

Fog Lamp Mobil Idealnya Berwarna Kuning, Ini Keunggulan Yang Perlu Diketahui

Fog Lamp Mobil Idealnya Berwarna Kuning, Ini Keunggulan yang Perlu Diketahui Foglamp berwarna kuning pada mobil. (Foto: Deddy/KabarOto)

KabarOto.com - Fog lamp merupakan fitur pada mobil yang berperan untuk membantu penerangan pengemudi saat kondisi tertentu, seperti kabut, hujan, dan kelembapan. Fog lamp dapat dilihat di bagian bawah lampu utama.

Kalau Sobat KabarOto perhatikan lampu kabut memiliki warna yang berbeda dengan lampu depan. Lampu depan biasanya berwarna putih, sedangkan beberapa lampu kabut berwarna kuning. Mengapa demikian? KabarOto akan memberikan penjelasan mengapa Fog lamp idealnya berwarna kuning, simak sampai habis ya!

Fog Lamp dengan Cahaya Kuning Lebih Efektif

Melansir Best Headlight Bulbs, cahaya kuning pada fog lamp mungkin kurang diserap atau tersebar oleh kabut atau embun, dan dapat menempuh jarak lebih jauh melalui udara tanpa kehilangan intensitasnya. Hal ini membuatnya lebih efektif untuk menerangi jalan dan objek yang dekat dengan kendaraan, membantu pengemudi untuk melihat dan menghindari bahaya potensial.

Fungsi Fog Lamp Berwarna Kuning
Fog lamp aftermarket memiliki mode lebih dari satu warna cahaya. (Foto: Deddy/KabarOto)

Selain dari peningkatan visibilitasnya dalam kondisi berkabut, fog lamp yang memiliki cahaya kuning juga tidak menyebabkan silau atau ketidaknyamanan bagi pengemudi lain Sob. Cahaya putih dan biru bisa sangat terang dan dapat menyebabkan silau ketika dipantulkan dari kabut atau embun, membuatnya sulit bagi pengemudi lain untuk melihat.

Baca Juga: Begini Cara Setel Fog Lamp Mobil Agar Pencahayaan Maksimal

Sobat KabarOto pasti mengetahui, pabrikan mobil biasanya membekali fog lamp dengan lampu halogen atau LED berwarna kuning, yang memiliki ukuran kelvin 3.000 sampai 4.300. Namun, beberapa orang yang tidak mengetahui fungsi fog lamp mengganti lampunya dengan yang berwarna putih, yang tidak optimal untuk menembus kabut dan hujan

Keunggulan Fog Lamp Berwarna Kuning

Lampu fog lamp berwarna kuning memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya lebih efektif dalam menembus hujan dan kabut.

  • Panjang gelombang tinggi

Warna kuning memiliki panjang gelombang yang lebih tinggi daripada warna putih atau biru, yang dapat menembus kabut dan hujan dengan lebih jelas.

Baca Juga: Ini Pilihan Fog Lamp Motor Premium, Harga Mulai Rp 1 Jutaan

  • Tekanan cahaya

Lampu fog lamp berwarna kuning dapat menghasilkan tekanan cahaya yang lebih tinggi, yang dapat menembus kabut dan hujan dengan lebih efektif.

  • Efek "glare"

Lampu berwarna putih atau biru dapat menghasilkan efek "glare" yang mengganggu jarak pandang pengemudi, sedangkan lampu berwarna kuning dapat minimalisir efek "glare" tersebut.

  • Sistem reflektor

Lampu fog lamp berwarna kuning dapat dilengkapi dengan sistem reflektor yang dapat melindungi dari cipratan air, yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan cahaya.

Baca Juga: Begini Perbedaan Lampu Halogen, HID, dan LED Untuk Mobil

Temukan Tips Seputar Otomotif Lainnya dengan Mengunjungi: Ototips

Berita Terkait

Berita Terkait