POPULAR STORIES

Ford Bronco Sudah Lahir Kembali, Ingin Lunturkan Jeep

Ford Bronco Sudah Lahir Kembali, Ingin Lunturkan Jeep Sumber Foto : Ford USA

KabarOto.com – Ford memenuhi janjinya pada semester kedua 2020 meluncurkan kendaraan off-road terbarunya, yaitu Ford Bronco. Tidak hanya satu model namun ada beberapa model seperti dua pintu dan empat pintu serta Bronco Sport.

Line-up Bronco ini terakhir diproduksi oleh Ford pada tahun 1996 dengan model dua pintu. Kembalinya Bronco tahun ini menandakan keseriusan Ford memproduksi kendaraan off-road. Bahkan Ford memberikan ketangguhan F-150 untuk Bronco ini, dengan tujuan menyaingi Jeep.

Bac Juga : All-new Ford F-150, Pilihan Terbaik Pekerja Dan Petualang


Bronco hadir sebagai kendaraan off-road yang menyenangkan dan serbaguna sejak tahun 1966, dan menjadi SUV pertama bagi para petualang. "Sejatinya Bronco, model terbaru ini dirancang untuk membawa Anda ke tempat yang sulit dijangkau, dengan kemampuan melibas segala jenis medan,” ungkap Jim Farley selaku Chief Operating Officer Ford melalui pernyataan resmi.

Bronco menganut sistem manajamen GOAT, artinya dengan menggabungkan keahlian off-road dan mencampurkan teknologi terbaru untuk memberikan para petualang pemula untuk merasakan sensasi off-road berat.

Teknologi 4WD Bronco yang canggih adalah inti dari kemampuan off-road, dengan Bronco Terrain Management System ekslusif dengan GOAT Mode dirancang membantu pengemudi menavigasi dengan lebih baik di segala jenis medan. Hal tersebut dijelaskan oleh Mark Gruber selaku Manajer Pemesaran Konsumen Bronco.

Baca Juga : Jeep Wrangler Rubicon 392 Concept, Menjegal Ford Bronco?

Bicara soal dapur pacu memiliki dua opsi mesin. Pertama adalah unit EcoBoost V6, 2.700 cc ammpu mengeluarkan tenaga 310 dk dan torsi 542 Nm. Lalu unit EcoBoost 2.300 cc empat silinder, memberikan tenaga sebesar 270 dk dan torsi 420 Nm. Kedua mesin tersebut disalurkan ke transmisi manual 7 percepatan atau otomatis 10 percepatan.

Selain menggunakan mesin yang bertenaga, Bronco juga dibekali dengan tujuh mode berkendara. Mode berkendara tersebut adalah Normal, Eco, Sport, Slippery dan Sand dengan Baja (track off-road motorsport), Mud/Ruts dan Rock Crawl. Bronco juga menggusung ban khusus off-road ukuran 35 inci untuk model dua pintu dan empat pintu, sementara terdapat opsi roda beadlock.

Untuk bagian hiburan dalam kabin, Ford Bronco menggusung headunit ukuran 8 inci atau 12 inci yang sudah memiliki teknologi Ford Sync. Headunit juga memiliki teknologi peta, bisa melakukan sharing terhadap sesama pemilik Bronco.

Baca Juga : Intip Range Rover Edisi Fifty Anniversary, Hanya 1.970 Unit

Karena SUV ini untuk off-road, bahan interior dibalut dengan karet ini yang diklaim tahan dari pasir dan air, serta mudah dilepas dan dibersihkan. Tidak hanya interior, beberapa bagian eksterior juga bisa dilepas seperti pintu dan atap.

Bicara soal harga, Bronco mulai dari US$28.500 atau setara Rp414 jutaan. Ford Bronco akan mulai diproduksi pada tahun 2021 dan akan mulai dikirim pada tahun yang sama.

Jadi bagaimana Sob, tertarik untuk meminang SUV ini?