POPULAR STORIES

Ford Focus ST Edition Berbekal Suspensi Baru Mampu Melesat 250 Km/Jam

Ford Focus ST Edition Berbekal Suspensi Baru Mampu Melesat 250 Km/Jam

KabarOto.com – Setelah membatalkan program RS, pabrikan mobil asal Amerika Serikat akan meluncurkan Ford Focus ST Edition, sedianya diperkenalkan untuk pasar Eropa pada tahun depan.

Dari segi tampilan, Ford Focus ST Edition berwarna Azura Blue dipadukan dengan finishing High Gloss Black di gril, sisipan bumper, tutup kaca spion, atap, spoiler belakang, dan diffuser untuk tampilan yang mengingatkan kita pada Focus RS generasi sebelumnya. Lencana ST juga istimewa, dengan pinggiran hitam.

Melirik bagian kabin terdapat kursi sport Recaro berlogo ST berwarna merah yang sebagian dilapisi kulit dipermanis jahitan biru di sekelilingnya agar serasi dengan eksterior.

Baca Juga : Ford GT Heritage Edition 2022 Debut, Penghormatan Untuk Prototipe GT

Visualnya semakin lengkap dengan pelek 19 inci multispoke berwarna hitam yang dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S. Selain terlihat keren, pelek yang ringan ini juga mengurangi massa unsprung sebesar 10% di setiap tikungan.

Perubahan paling penting terletak di suspensi yang ditingkatkan performanya. Di mana, Coilover dua arah dapat disesuaikan oleh KW Automotive dengan penyetelan oleh Ford Performance. Suspensinya dilengkapi rumah peredam stainless steel twin-tube dan pegas powder coating yang dicat biru, merupakan warna khas Ford Performance.

Baca Juga : Ford Mustang Berlabel "Ice White Edition", Calon Koleksi Mobil Langka

Suspensi baru hadir dengan peningkatan kecepatan pegas 50% dibandingkan dengan varian ST biasa, sementara ketinggian pengendaraan diturunkan 10 mm (0,4 inci) di kedua gandar, memungkinkan penyesuaian lebih lanjut sebesar 20 mm (0,8 inci).

Pemilik dapat menyesuaikan suspensi sesuai dengan keinginan mereka dengan pilihan antara 12 bounce dan 16 rebound. Untuk memudahkan pemilik, Ford telah menyiapkan buku teknis dengan pengaturan yang direkomendasikan untuk kondisi mengemudi yang berbeda, ditambah pengaturan khusus untuk Sirkuit Nürburgring.

Baca Juga : Ford Bronco Riptide, Inspirasi Dari West Coast

Soal performa, Ford Focus ST Edition dibekali mesin EcoBoost 2,3 liter 4 silinder turbocharged bertenaga 276 dk dan torsi 420 Nm. Mesin tersebut dipadukan transmisi manual 6 percepatan berpenggerak roda depan. Mobil mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,7 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 250 km/jam.

Untuk harganya sendiri, Ford Focus ST Edition dibanderol $49.098 atau setara Rp708 jutaan.