POPULAR STORIES

Ford GT LM Edition, Bentuk Penghormatan Pemenang Le Mans

Ford GT LM Edition, Bentuk Penghormatan Pemenang Le Mans Foto: Netcarshow

KabarOto.com - Ford GT LM Edition 2022 hadir di pasar Amerika Serikat untuk menghormati satu-satunya supercar pemenang Le Mans, yang mencakup kemenangan pada tahun 2016 dan sapuan podium 1-2-3 yang bersejarah pada tahun 1966.

Dibuat dengan menggunakan material, desain dan teknik yang inovatif yang berbeda dari kebanyakan supercar, memadukan jiwa dari dunia balap tempo dulu pada mobil ini. Sebagai bentuk penghargaan atas kemenangan di Lemans pada 2016 silam.

Ford GT LM Edition hanya dibuat sebanyak 20 unit, bisa menjadi barang koleksi untuk para pecinta supercar dalam menambah koleksinya. Pengiriman Ford GT LM Edition model tahun 2022 terakhir dimulai pada musim gugur 2022 dengan produksi yang selesai di akhir tahun.

Baca juga: Ford Mustang Dark Horse Menjanjikan Performa Tingkat Selanjutnya

Bagian bodi terbuat dari serat karbon yang dipernis dengan warna cat Liquid Silver, edisi terbatas Ford GT LM secara unik selesai dalam tema merah atau biru, menghormati warna merah dan biru balap Le Mans pemenang No. 68 Ford GT.

Untuk tampilan yang unik, konsumen dapat memilih dari serat karbon berwarna merah atau biru yang menggarisbawahi aerodinamis yang lebih rendah dari supercar. Ini termasuk pewarnaan bahan ultra-ringan pada splitter depan, pilar samping dan pintu, ditambah kisi-kisi ruang mesin dan diffuser belakang.

Pelek menggunakan 20 inci serat karbon mengkilap dengan aksen barel bagian dalam merah atau biru yang sesuai, ditambah mur roda titanium dan kaliper rem Brembo dengan warna hitam.

Interior Ford GT LM Edition memiliki fitur unik termasuk kursi serat karbon berbalut Alcantara dengan kursi pengemudi berwarna merah atau biru yang serasi, sedangkan kursi penumpang dibungkus bahan Ebony dengan aksen jahitan yang sesuai dengan warna kursi pengemudi, serta tombol start mesin.

Panel instrumen dibungkus bahan kulit Ebony dan Alcantara, sedangkan pilar dan headliner dibalut dengan Ebony Alcantara. Serat karbon terbawa ke dalam kabin, muncul di konsol, register ventilasi, dan pilar A bawah dengan lapisan matte.

Baca juga: Diboyong RMA, Ford Bronco Bakal Masuk Indonesia

Ford GT LM Edition 2022 memberikan penghormatan kepada kemenangan keseluruhan supercar generasi ketiga dan Ford GT No. 68 dari Sébastien Bourdais (Prancis), Joey Hand (Amerika Serikat) dan Dirk Müller (Jerman) yang melintasi garis finis di Le 2016 24 Jam.

Mirip dengan pertarungan Ford melawan Ferrari pada 1966 yang epik, Ford GT No. 68 memimpin untuk terakhir kalinya pada jam ke-20 balapan setelah bertarung satu lawan satu dengan Ferrari No. 82. Menghidupkan kembali persaingan 50 tahun antara kedua produsen mobil.

Ford GT LM juga menghormati upaya dan dorongan luar biasa dari tim Ford Chip Ganassi yang mengubah mobil menjadi pemenang Le Mans hanya dalam waktu satu tahun (395 hari).

Mengandalkan mesin EcoBoost V6 twin-turbo 660 dk. Mesin bernafas melalui knalpot titanium cetak 3D yang menampilkan desain siklon di ujungnya. Tenaga itu mengalir melalui transaxle otomatis tujuh kecepatan berpenggerak roda belakang.