Ford Ranger Raptor, Disiapkan Paling Tangguh

Ford Ranger Raptor, Disiapkan Paling Tangguh

KabarOto.com - Ford Ranger Raptor teranyar sepertinya kian menggairahkan untuk dimiliki para pecinta double cabin. Sebab edisi kali ini melibatkan Ford Performance.

Yup, sudah bisa ditebak, Ford Ranger Raptor ini kian berlimpah performanya dan tak ketinggalan diperkuat di segala sisi agar kian tangguh. Menjadikan Ford Ranger paling kuat di jajarannya.

Baca juga: Ford Everest 2022 Debut Bulan Depan, Simak Bocorannya!



"Kami sangat fokus menghadirkan performa sebenarnya dari sebuah kendaraan di Ranger Raptor generasi terbaru," ujar Dave Burn, Ford Performance Chief Programme Engineer untuk Ranger Raptor.

Dirinya menegaskan Ranger Raptor ini kian kencang, terlihat mengagumkan, banyak kelengkapan fitur, dan menjadi Ranger paling tangguh.



Adapun mesin bensin V6 berkapasitas 3.000 cc disokong turbo ganda EcoBoost racikan khusus Ford Performance mampu kerahkan tenaga hingga 284 dk dan torsinya 491 Nm.

Oh iya, silinder blok gunakan material khusus graphite-iron, diklaim 75% lebih kuat dan 75% lebih ringan dan tipis dari cetakan biasa.



Ford Performance menjamin bahwa performa sangat responsif ketika pedal gas mulai disentuh. Turbo racikan balap memastikan anti-lag, wujudnya sama seperti di Ford GT dan Focus ST.

Sistem anti-lag terbaru dengan mode Baja, memungkinkan bilah turbocharger tetap berputar hingga 3 detik setelah pengendara mengangkat kaki dari pedal. Hal ini membuat performa terus terisi ketika berakselerasi keluar tikungan. Adapun transmisi otomatis 10 percepatan secara pintar mengatur setiap kebutuhan pengendara dalam hal akselerasi.



Saat Ranger Raptor melaju, diberi pilihan untuk pengendara melesat sesuai karakternya. Dapat di pilih melalui lingkar kemudi yakni Quiet, Normal, Sport, dan Baja.

Seperti disinggung di awal, bahwa Ranger Raptor berbeda dari versi standar Ford Ranger adalah konstruksi bodi telah diperkuat di pilar C, bak belakang dan ban cadangan. Frame juga diperkuat untuk menangani setiap lompatan, tower suspensi juga disempurnakan.



"Penyempurnaan suspensi dilakukan di Ranger Raptor berupa sematan Fox Live Valve 2,5 inci. Secara real-time melakukan kontrol bodi dan meredam guncangan serta melewati setiap palung dalam, sehingga kontrol dan performa tetap terjaga," tambah Burn.

Proteksi di kolong mobil juga diberikan dengan plat setebal 2,3 mm bermaterial baja. Lembaran ini memberikan perlindungan bagian bawah mesin dan juga transmisi. Selain itu melindungi radiator, sistem kemudi, crossmember depan, pompa mesin serta differential depan.



Adanya fitur Trail Control, serupa dengan cruise control tapi ini untuk off-road. Pengendara bisa memilih dari kecepatan 35 kpj sehingga bisa tetap menjaga akselerasi dan pengereman ketika pengendara berkonsetrasi di kemudi saat lewati permukaan jalan sulit.

Penerangan ke jalan raya gunakan Matrix LED ditambah Daytime Running Light dari LED. Membuat penerangan lebih baik ketika berkendara. Rem belakang juga gunakan LED. Pelek 17 inci yang digunakan berbahan alloy dipadukan ban all-terrain.



Saat di kabin, akan disajikan suasana jet-fighter dengan jok sport di depan dan belakang. Tapi tak mengesampingkan kenyamanan selama berkendara, bahkan mantap memeluk ketika diajak bermanuver di tikungan.

Baca juga: Ford Bronco Everglades, Bisa Lebih Masuk ke Hutan

Panel instrumen 12,4 inci ada aksen Code Orange, pencahanyaan temaran memberikan keyamanan selama di kabin Ranger Raptor. lingkar kemudi berbalut kulit dan ada pemanas, ada juga paddle shift bermaterial cast magnesium guna mempermudah perpindahan gigi.



Pengendara dan penumpang akan menjumpai layar sentuh besar berukuran 12 inci. Bisa dikoneksikan dengan generasi terbaru Ford SYNC 4A dan sistem hiburan dari Android Auto atau Apple CarPlay. Kuping dimanjakan oleh tatanan audio dari B&O sebanyak 10 speaker.