POPULAR STORIES

Formula E Batal Digelar Di Monas, Ini Sebabnya!

Formula E Batal Digelar di Monas, Ini Sebabnya! Ilustrasi Formula E

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu, santer terdengar kabar bahwa Jakarta akan menjadi salah satu kota yang menggelar balap mobil bertenaga listrik, atau yang lebih dikenal dengan nama Formula E.

Bahkan, pemerintah kota DKI Jakarta bersama Formula E, secara resmi mengumumkan masuknya Sirkuit Jakarta E-Prix pada seri kejuaraan ABB Formula E Championship musim 2019/2020.

Baca Juga: Balap Formula E Akan Digelar Di Jantung Kota Jakarta, Ini Lokasinya!

Menurut jadwal, pada 6 Juni 2020, kejuaraan balap dengan kendaraan listrik single-seater ini akan diadakan tepat di jantung Ibu Kota Indonesia, yakni di kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Agustus kemarin, semua pembicaraan tuntas dan sore ini bersama tim dari Formula E kami menyampaikan ke masyarakat, bahwa lomba Formula E Season 6 InsyaAllah akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 6 Juni 2020," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat acara peresmian, September 2019.

Batal digelar di Monas

Sayang, rencana gelaran ajang Formula E di kawasan Monas itu akhirnya batal, karena tidak mendapat persetujuan dari Menteri Sekretaris Negara selaku Ketua Komisi Pengarah. Tak pelak, mobil-mobil balap Formula E akhirnya batal melaju di kawasan itu.

Sekretaris Mensesneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan, terkait pelarangan itu. "Saya sampaikan bahwa Komisi Pengarah (Komrah) tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan," kata Setya.

Di sisi lain, Mensesneg mendukung dan mengapresiasi rencana DKI Jakarta menyelenggarakan pergelaran balap Formula E di Ibu Kota.

Sebab, Formula E akan mendorong citra Monas sehingga dikenal dunia sebagai kebanggan nasional, selain juga meningkatkan pariwisata.

Namun karena Monas merupakan cagar budaya, yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta, Komisi Pengarah mempersilahkan perlombaan Formula E digelar di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Jakarta Dipastikan Menjadi Tuan Rumah Balap Formula E

"Bukan di dalam Monas karena ini merupakan cagar budaya," ujar Setya dalam keterangan resminya, Kamis (6/2). Menurut Keppres tersebut, Kawasan Tugu Monas merupakan lambang perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan, mempertahankan, dan mengisi Kemerdekaan Indonesia.

Sehingga, zona penyangga dan pelindung di sekitarnya perlu ditata dan dikendalikan pembangunannya. Saat ini, guna mendukung pelaksanaan Formula E, Pemprov DKI telah menebang ratusan pohon. Tak hanya itu, Pemprov juga berencana untuk mengaspal jalan berbatu, yang ada di sekitaran Monas.