POPULAR STORIES

Fungsi Oli Sokbreker Depan Motor Yang Perlu Diketahui

Fungsi Oli Sokbreker Depan Motor yang Perlu Diketahui Sokreker depan Honda CB150R Sreetfire

KabarOto.com - Pusat kendali motor ada pada kemudi atau setang, sehingga pengendara harus menjaga kestabilan setang agar stabil mengarahkan motor saat berada di jalan raya. Di antara setang dan roda, terdapat sistem suspensi yang berfungsi meredam gerakan naik turun yang dihasilkan roda depan saat melintas berbagai macam permukaan jalan.

Sistem suspensi terdiri dari sokbreker yang harus memiliki kemampuan Compression dan Rebound. Compression berfungsi menyerap tekanan (gaya ke arah atas shock) yang diterima roda depan saat melintasi permukaan jalan yang tak rata. Rebound bertugas memperlambat tekanan balik (gaya ke arah bawah shock) dihasilkan pegas ulir setelah menerima tekanan (Compression) tadi.

Baca Juga: Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Nyaman Digunakan

Compression menggunakan pegas ulir sebagai komponen utama yang bekerja menerima atau menyerap tekanan dan Rebound menggunakan komponen utama berupa orifice (semacam lubang disuling) berfungsi mengatur kecepatan aliran oli. Dikarenakan oli melalui orifice, maka kerja Rebound sangat ditentukan oleh kekentalan dan kuantitas oli di dalam shock.

Oke Desiyanto, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, mengatakan oli sokbreker depan lebih cepat turun kualitasnya, karena frekuensi pekerjaannya. Sehingga semakin sering melewati jalan yang rusak atau tidak rata, oli akan bekerja semakin keras.

Fungsi oli sokbreker yang wajib diketahui, di antaranya mampu memberikan pelumasan antara poros sokbreker dan tabung. Selanjutnya memiliki sifat tahan panas, karena bekerja di area gesekan, mampu menerima tekanan, dan mampu menghindari korosi. Fungsi lainnya menghindari adanya gelembung udara dalam oli.

Baca Juga: Scarlet Racing Tawarkan Sokbreker Untuk Motor Bebek

Kualitas oli sokbreker yang menurun, membuat komponen lain akan lebih cepat aus, maka suku cadang yang harus diganti akan makin banyak. Cara mudah mengetahuinya harus diganti adalah dengan memeriksa kemampuan tendangan balik sokbreker.