POPULAR STORIES

Sokbreker Motor Perlu Dirawat, Ini Akibatnya Jika Terlewat

Sokbreker Motor Perlu Dirawat, Ini Akibatnya Jika Terlewat Berrsihkan sokbreker secara rutin bisa membuat kondisinya prima (Foto: Honda)

KabarOto.com - Sokbreker merupakan salah satu komponen dalam sebuah kendaraan, fungsinya untuk meredam, memberikan kenyamanan bagi pengemudi sepeda motor saat berkendara. Ternyata, komponen ini perlu mendapat perawatan khusus, agar kondisinya tetap terjaga, dan prima saat digunakan untuk beraktivitas. Banyak akibat yang disebabkan jika terlewat merawat.

Ada beberapa cara merawat sokbreker, di antaranya membersihkan secara teratur. Karena kotoran yang menempel pada sokbreker dapat merusak seal, dan menyebabkan kebocoran oli.

Baca Juga: Tanda Sokbreker Mobil Rusak Sebelah

Rusaknya seal, bisa menurunkan kualitas pegas pada sokbreker secara alami. Selanjutnya, beban yang dibawa juga perlu diperhatikan. Karena jika melebihi batas maksimal, suspensi tidak akan berfungsi dengan baik.

Sokbreker tabung di motor matik Honda (Foto: Honda)

Wahyu Budi, Training Analist PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menyarankan, untuk mengganti oli pada komponen ini, khususnya bagian depan, setiap 2 sampai 3 tahun, agar tetap nyaman digunakan.

"Jika sokbreker rusak, dan tetap digunakan, akan menggangu kestabilan komponen lain pada motor, seperti ban," ungkapnya. Kondisi ban yang tidak merata, menyebabkan keausan pada beberapa bagian.

"Oleh sebab itu, setiap pengguna motor memeriksa kondisi sokbreker secara berkala," tambah dia. Untuk memastikan posisinya tetap di tengah dan semua komponen, termasuk karet mounting masih berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Ragam Jenis Sokbreker Belakang Sepeda Motor

Jika sudah mengetahui efek samping sikbreker rusak, Anda bisa lebih sering lagi merawat sokbreker depan dan juga belakang. Jika sulit merawat bagian ini, datang ke AHASS terdekat. Sekaligus melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin.