POPULAR STORIES

Kenali Tanda-tanda Kerusakan Pada Sokbreker Motor

Kenali Tanda-tanda Kerusakan Pada Sokbreker Motor Usia pakai sokbreker berkisar 3 sampai 5 tahun (Foto: Honda)

KabarOto.com - Sokbreker merupakan komponen pada sepeda motor yang sangat penting, ada di depan dan belakang. Fungsinya untuk menahan beban, usia pakainya berkisar 3-5 tahun. Namun tergantung dari pwrawatan dan penggunaannya, bisa bertahan hingga 7 tahun. Lalu bagaimana cara mengetahui sokbreker sudah rusak dan harus segera diganti?

Head of Technical Service, PT Wahana Makmur Sejati, Benedictus F. Maharanto bebeberapa waktu lalu mengatakan, untuk mengecek apakah shockbreaker sepeda motor yang dikendarai masih dalam kondisi layak pakai, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, di antaranya:

Baca Juga: Sokbreker Motor Perlu Dirawat, Ini Akibatnya Jika Terlewat

Tekan setang motor ke bawah, perhatikan kondisi sokbreker, jika pegas kembali dengan sangat cepat, artinya sudah mati atau rusak.

Sokbreker motor matik (Foto: WMS)

Seharusnya, kembali secara pelan-pelan. Ini menunjukkan kompresi di dalamnya masih sangat baik, belum bocor.

Lalu perhatikan seal sokbreker depan. Jika ada rembesan oli, maka karet tersebut harus segera diganti.

Kemudian, kendarai motor melewati jalan berlubang, atau bergeombang. Jika ada pantulan, artinya sokbreker harus segera diganti. Makin banyak pantulannya, makin besar kerusakan.

Baca Juga: Tanda Sokbreker Mobil Rusak Sebelah

Jika sudah waktunya, tentu yang Anda harus lakukan adalah membawanya ke bengkel, mengganti seal atau sokbreker dengan yang baru. Jika perlu gunakan standar pabrikan, yang kualitasnya memang sudah teruji.